Senin 21 Nov 2022 15:50 WIB

Jangan Panik, Ini yang Bisa Dilakukan Jika Terjadi Gempa

Segera lindungi diri dari potensi reruntuhan jika berada dalam bangunan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Proses evakuasi warga tertimpa bangunan roboh akibat gempa di Kampung Warungkondang RT 05 RW 01 Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Korban atas nama Ibu Emy (50) berhasil dievakusi warga.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Proses evakuasi warga tertimpa bangunan roboh akibat gempa di Kampung Warungkondang RT 05 RW 01 Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Korban atas nama Ibu Emy (50) berhasil dievakusi warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gempa bumi dilaporkan terjadi pada Senin (21/11/2022) siang pukul 13.21 WIB mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa yang berkekuatan 5,6 magnitudo juga dirasakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi hingga Sukabumi.

Banyak warganet yang mengunggah update tentang gempa. Bahkan, gempa menjadi trending topic di platform Twitter. Dalam situasi ini, penduduk diminta untuk tidak panik. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika terjadi gempa, seperti dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin (21/11/2022):

Baca Juga

- Dalam bangunan

Segera lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja. Carilah tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan. Anda bisa lari keluar gedung apabila masih dapat dilakukan.

- Area terbuka

Hindari bangunan yang ada di sekitar Anda, seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain-lain. Perhatikan tempat Anda berpijak dan hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Di mobil

Keluar dari kendaraan dan menjauh dari mobil. Hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran lalu hindari bangunan di sekitar Anda.

- Di pantai

Segera jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Daerah pegunungan

Apabila terjadi gempa bumi, hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah gempa terjadi, Anda bisa melakukan:

- Dalam bangunan

Keluar dari bangunan dengan tertib. Usahakan jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, Anda bisa menggunakan tangga biasa. Periksa apakah ada yang terluka lalu lakukan P3K. Anda bisa menelpon atau minta pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau orang di sekitar Anda.

- Periksa lingkungan

Anda bisa memeriksa apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, atau hubungan arus pendek listrik. Selain itu Anda juga cek aliran dan pipa air serta hal-hal yang membahayakan.

- Jangan masuk bangunan

Karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan

Kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Mendengarkan informasi

Anda bisa mendengarkan informasi mengenai gempa bumi dari internet atau tv jika terjadi gempa susulan. Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Jangan panik

Anda diharapkan jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement