Rabu 16 Nov 2022 14:49 WIB

Tutup KTT G20, Jokowi Serahkan Tongkat Kepemimpinan G20 ke India

Jokowi yakin India mampu melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 pada 2023.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Presiden Indonesia Joko Widodo.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Presiden Indonesia Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sekaligus menyerahkan tongkat estafet kepresidenan G20 ke India untuk 2023 mendatang, Rabu (16/11/2022). Jokowi pun menyampaikan ucapan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya.

“Menandai berakhirnya Presidensi Indonesia di G20, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya,” kata Jokowi saat menutup KTT G20.

Baca Juga

Jokowi berharap, India mampu menjalankan amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif. Jokowi pun meyakini, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri India Narendra Modi, G20 akan terus bergerak.

“Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika, tahun depan Indonesia siap untuk mendukung kesuksesan Presidensi G20 India. Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” ujar Jokowi.

Di akhir sambutannya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemimpin negara G20 yang hadir dalam pertemuan ini. “Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia semua dan juga selamat jalan and have a safe trip dan baiklah dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup. Terima kasih dan palu kepemimpinan saya serahkan kepada India,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement