Sabtu 05 Nov 2022 11:54 WIB

Jalankan Perintah Menteri BUMN, BKI Perkuat Program TJSL di Tiga Sektor

Tiga fokus utama TJSL BUMN adalah pada sekto pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Satria K Yudha
Logo PT Biro Klasifikasi Indonesia
Foto: Twitter PT Biro Klasifikasi Indonesia
Logo PT Biro Klasifikasi Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI sebagai BUMN yang termasuk dalam Holding Jasa Survey atau IDSurvei, memahami betapa penting Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Direktur Utama BKI Rudiyanto mengatakan, hal ini selaras dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menetapkan tiga fokus utama TJSL BUMN pada sektor pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM. 

 

Rudiyanto mengatakan, TJSL tak hanya sebatas pelaksanaan kegiatan, melainkan juga pengukuran keberhasilannya.  “BKI meyakini pengukuran keberhasilan program TJSL dari pihak ketiga menjadi tolok ukur yang amat efektif. Karena itu, kami selalu berusaha untuk ikut berbagai penghargaan bidang TJSL dari beberapa pihak ketiga yang kredibel," ujar Rudiyanto melalui keterangan persnya di Jakarta, Jumat (4/11).

Rudiyanto menyampaikan, selain kewajiban menjalankan program TJSL sesuai yang diatur dalam Peraturan BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN dan Nomor PER-05/MBU/04/2021 Tentang Program TJSL BUMN, BKI juga menyadari kepentingan program ini untuk kelanjutan industri yang digeluti oleh BKI. 

"Salah satu tujuan utama program TJSL adalah memberi manfaat sebesar-besar bagi para pemangku kepentingan perusahaan, sehingga mereka bisa bertumbuh dan berkembang yang dampaknya akan terasa, baik secara langsung atau tidak langsung pada keberlangsungan industri yang dilakoni BKI," ucap Rudiyanto.

 

Rudiyanto menyebut hal ini telah dibuktikan dari beberapa program besar yang terlaksana oleh BKI kepada masyarakat seperti, Program Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las, Program Beasiswa Mandiri, Program Bantuan TIK di Banten, Program Bisnis Terapan Vokasi Pondok Pesantren, Program Penanaman Pohon, Program Transplantasi Terumbu Karang, Program Rumput Laut, Program Pelatihan UMK, Program Digital Marketing, Program Pelatihan Standar Produksi Ketahanan Pangan, dan Program Sertifikasi Halal. 

Atas komitmen penerapan TJSL, BKI meraih dua penghargaan TJSL Awards 2022 untuk kategori Manufacturing Industry Best TJSL 2022 with Outstanding Initiatives of Community Development dari Warta Ekonomi Research and Consulting dan BUMN Awards 2022 pada Oktober di kategori Brand Images dari The iconomics.com

Rudiyanto mengingatkan kepada karyawan BKI bahwa penghargaan tersebut harus menjadi barometer keberhasilan dan juga untuk meningkatkan kualitas program TJSL BKI. 

"Penghargaan tersebut juga sebagai apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang turut serta membantu menjalankan program TJSL ini sehingga terealisasikan sesuai dengan rencana anggaran yang disusun," kata Rudiyanto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement