Jumat 28 Oct 2022 13:11 WIB

Dokter: Malas Gerak Bisa Sebabkan Osteoporosis

Tulang yang sering digunakan akan menjadi lebih padat dan kuat.

Warga berolahraga saat hari pertama pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Ahad (18/9/2022). Dokter: Malas Gerak Bisa Sebabkan Osteoporosis
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Warga berolahraga saat hari pertama pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Ahad (18/9/2022). Dokter: Malas Gerak Bisa Sebabkan Osteoporosis

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo-FKUI Yogi Prabowo mengatakan malas gerak dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang sehingga berisiko osteoporosis.

Ia menjelaskan hal tersebut selaras dengan Hukum Wolff yang menjelaskan tulang yang sering digunakan atau diberikan beban akan merangsang sel-sel pembentukan tulang sehingga tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Baca Juga

"Jadi semakin dia tidak digunakan atau tidak diberikan beban, maka pembentukan tulangnya bisa menjadi terhambat atau tidak seimbang," ujar Yogi dalam acara bincang-bincang kesehatan yang digelar virtual beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ia mengatakan aktivitas menjadi sangat penting untuk dilakukan guna mencegah osteoporosis. Ia juga menyarankan berolahraga secara rutin setidaknya lima hari dalam sepekan dengan durasi 30 menit setiap harinya.

"Tapi ya olahraganya disesuaikan dengan umurnya. Kalau misalnya usia sudah di atas 50 tahun kita mesti mengurangi olahraga yang high impact yang bisa menyebabkan benturan atau cedera misalnya futsal atau bela diri yang terlalu berat," kata Yogi.

"Jadi ganti olahraganya dengan yang low impact terhadap tulang kita, misalnya seperti senam, sepeda, jogging juga masih oke," lanjutnya.

Selain memperbanyak aktivitas fisik, Yogi mengatakan untuk mencegah osteoporosis juga dapat dilakukan dengan menjalani pola makan yang lebih sehat. Salah satunya, dengan membatasi konsumsi zat-zat yang dapat menghambat pembentukan tulang seperti alkohol, kafein, serta makanan yang tinggi garam.

Ia juga menganjurkan mencukupi kebutuhan kalsium dan protein melalui makanan dan minuman yang bergizi. Kemudian, penting juga untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 7-9 pagi.

"Untuk membentuk tulang ini kita perlu zat-zat misalnya kalsium, protein, dan lain-lain. Sehingga kalau asupan makanan kita ini kurang tepat, itu bisa berdampak pada perubahan kepadatan tulang," jelas Yogi.

"Kalsium ini ibaratnya kalau kita bikin bangunan ya seperti semennya. Jadi kalau semennya kurang pasti dindingnya kurang kuat," ujarnya.

Sedangkan jika seseorang termasuk dalam kelompok yang memiliki faktor risiko dan sudah masuk dalam kategori osteoporosis, Yogi mengatakan dia harus diberikan obat-obatan yang dapat menekan penyerapan tulang seperti bifosfonat, suplemen kalsium, serta mengonsumsi protein yang cukup.

"Kita juga bisa berikan vitamin D selain dari sinar matahari, bisa juga kita berikan dalam bentuk suplemen," katanya.

"Ada juga obat-obatan hormonal. Misalnya pada wanita, kita bisa berikan preparat hormon estrogen agar terjadi keseimbangan hormon dalam tubuh dan mendukung proses pembentukan tulang oleh osteoblas," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement