Selasa 11 Oct 2022 08:03 WIB

Rusia Turut Gunakan Drone Buatan Iran untuk Serang Ukraina

Rusia berusaha menghancurkan sistem energi Ukraina melalui serangan udara.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Drone Iran. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, selain rudal, Rusia turut menggunakan pesawat nirawak (drone) buatan Iran saat melancarkan serangan udara
Foto: EPA-EFE/Iranian Army office
Drone Iran. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, selain rudal, Rusia turut menggunakan pesawat nirawak (drone) buatan Iran saat melancarkan serangan udara

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, selain rudal, Rusia turut menggunakan pesawat nirawak (drone) buatan Iran saat melancarkan serangan udara ke negaranya pada Senin (10/10/2022) pagi. Drone itu bernama Shahed.

“Pagi ini sulit. Kami berurusan dengan teroris. Belasan rudal dan Shahed Iran. Mereka memiliki dua target. Fasilitas energi di seluruh negeri. Target kedua adalah masyarakat," kata Zelensky dalam sebuah video di media sosial setelah Rusia meluncurkan serangan udaranya.

Baca Juga

Menurut Zelensky, lewat serangan udara yang menghantam sejumlah kota di Ukraina, termasuk ibu kota Kiev, Rusia mengharapkan terjadinya kepanikan dan kekacauan. “Mereka ingin menghancurkan sistem energi kami,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, akibat serangan Rusia, mungkin akan ada pemadaman listrik sementara. “Tapi tidak akan pernah ada gangguan dalam kepercayaan kami; kepercayaan kami dalam kemenangan,” ujar Zelensky.

Sebelumnya menyiarkan pesan via video, Zelensky sempat membuat pernyataan lewat saluran Telegram-nya mengenai serangan udara Rusia ke Ukraina. Dia menuduh Moskow berusaha “menghapus” negaranya dari muka bumi. “Mereka mencoba menghancurkan kami dan menghapus kami dari muka bumi, menghancurkan rakyat kami yang tidur di rumah di (kota) Zaporizhzhia. Membunuh orang-orang yang bekerja di Dnipro dan Kiev,” ucapnya.

Ia mengatakan, sirine serangan udara tidak mereda di seluruh Ukraina. “Ada rudal yang menghantam. Sayangnya, ada yang tewas dan terluka,” ujar Zelensky. Belum jelas berapa total korban jiwa dan luka akibat serangan Rusia tersebut. 

Selain Kiev, serangan udara Rusia pada Senin pagi turut menghantam beberapa kota Ukraina lainnya, antara lain Lviv, Ternopil, dan Zhytomyr di barat Ukraina serra Dnipro dan Kremenchuk di Ukraina tengah.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement