Kamis 22 Sep 2022 12:42 WIB

Erick Thohir Ajak Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah

Perkuat ekonomi syariah digemakan Erick Thohir.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Muhammad Hafil
 Erick Thohir Ajak Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah. Foto:  Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja bersama Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Rapat tersebut membahas penyesuaian RKA K/L tahun anggaran 2023 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR dan penyertaan modal negara tahun anggaran 2023 serta usulan penyertaan modal negara tahun anggaran 2022.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Erick Thohir Ajak Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah. Foto: Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja bersama Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Rapat tersebut membahas penyesuaian RKA K/L tahun anggaran 2023 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR dan penyertaan modal negara tahun anggaran 2023 serta usulan penyertaan modal negara tahun anggaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak umat Islam untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Erick bercita-cita sistem ekonomi syariah di Indonesia bukan hanya menjadi konsumen, melainkan mengambil peran penting bahkan harus bisa menjadi pemain global.

“Sebagai Ketua @mes.indonesia maupun Menteri @kementerianbumn, InsyaAllah ikhtiar yang kami lakukan dapat mengantarkan ekonomi syariah di negeri kita tak hanya sebagai konsumen, juga produsen, bahkan pemain global,” kata Erick Thohir, dikutip dari akun Instagram @erickthohir, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga

Erick mengaku masih perlu waktu beberapa tahun ke depan agar terbentuk ekosistem ekonomi syariah ini, salahsatunya dimulai dari sisi sistem keuangannya terlebih dahulu.

“Ekosistem itu memerlukan waktu tidak bisa ekosistem itu dibentuk karena hari ini, memerlukan waktu transisi 2 sampai 3 tahun ke depan. Karena itu, sejak awal saya percaya bagaimana mendorong justru ekosistem ini dimulai dari keuangan syariahnya dulu tidak mungkin kita membentuk pengusaha atau kesempatan tetapi pendanaannya tidak tersedia,” tambahnya.

Selain itu, Erick juga menjelaskan supaya ekosistem syariah ini terus berkembang dan mendekatkan kepada umat, ia menerapkan dua strategi kebijakan yaitu mengeluarkan aturan tentang percepatan industri atau keuangan syariah.

“Satu keberpihakan aturan atau policy dari pemerintah bagaimana bisa mengintervensi percepatan dari industri atau keuangan syariah ini, policy atau aturan yang benar bisa mendorong tidak hanya menjadi sebuah aturan tetapi implementasi yang memang harus digerakkan itu satu. Jadi suka tidak suka peran pemerintah penting di sini,” imbuh Erick.

Lanjut Erick, strategi yang kedua ialah mendorong peran aktif dari masyarakat khususnya dari kalangan umat muslim, baik itu dari dunia pesantren, para ulama dan muslimpreuner harus bersama-sama membangun ekosistem ini.

Sementara itu, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid menilai Erick Thohir mempunyai keberpihakan terhadap ekonomi syariah di Indonesia dan dipercaya mampu mengemban amanah menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terbesar dunia.

“Pak Erick melaksanakan tugas dari presiden dan wakil presiden dengan sebaik-baiknya jadi pertama presiden dan wakil presiden ini kan punya komitmen yang kuat untuk menjadikan Indonesia ini sebagai pusat ekonomi syariah di dunia karena total populasi muslim kita dan berbagai potensi yang kita miliki,” kata Arief.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement