Selasa 20 Sep 2022 09:25 WIB

Tomat Ungu yang Direkayasa Genetik Kini Disetujui Dianggap Aman Dikonsumsi

Tomat ungu sudah disetujui USDA karena terbukti mengandung nilai gizi cukup tinggi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tomat ungu sudah disetujui USDA karena terbukti mengandung nilai gizi cukup tinggi.
Foto: www.wikimedia.com
Tomat ungu sudah disetujui USDA karena terbukti mengandung nilai gizi cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah lebih dari satu dekade pengembangan, tomat ungu yang bergizi tinggi telah dianggap aman untuk ditanam oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Tomat telah diedit gen untuk menghasilkan antioksidan 10 kali lebih banyak daripada varietas yang sudah ada sebelumnya.

Pada tahun 2008 lalu, sebuah studi menarik diterbitkan dalam jurnal Nature Biotechnology. Penelitian tersebut melaporkan jenis tomat yang telah diedit gen untuk menghasilkan antioksidan dalam jumlah besar yang disebut anthocyanin.

Baca Juga

Antosianin secara alami ditemukan dalam banyak makanan, seperti blueberry dan kubis merah. Mereka bertanggung jawab atas pigmen ungu dalam makanan tersebut dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Beberapa jenis tomat dengan kulit ungu alami memang mengandung kadar antosianin yang rendah tetapi beberapa ilmuwan makanan bertanya-tanya apakah kadar itu dapat ditingkatkan dengan beberapa penyesuaian genetik. Dua gen diambil dari tanaman lain (snapdragon) dan ditambahkan ke jenis tomat ungu. Gen tersebut memperkuat kemampuan tanaman untuk menghasilkan antosianin, menghasilkan tomat yang unik dengan daging berwarna ungu yang kaya.

Studi tahun 2008 melaporkan pengujian efek kesehatan dari tomat yang mengandung antosianin ini pada tikus yang direkayasa untuk mengembangkan kanker. Tikus yang diberi diet yang dilengkapi dengan tomat ungu ditemukan hidup 30 persen lebih lama daripada tikus yang diberi diet biasa.

"Ini adalah salah satu contoh pertama dari rekayasa metabolisme yang menawarkan potensi untuk meningkatkan kesehatan melalui diet dengan mengurangi dampak penyakit kronis. Dan tentu saja contoh pertama dari GMO (organisme yang dimodifikasi secara genetik) dengan sifat yang benar-benar menawarkan potensi manfaat bagi semua konsumen,” kata ahli biologi tanaman Cathie Martin seperti dilansir dari New Atlas, Selasa (20/9/2022).

Setelah menghabiskan banyak waktu melalui proses regulasi, tomat ungu yang dimodifikasi secara genetik sekarang selangkah lebih dekat ke tangan konsumen setelah mendapat persetujuan dari Layanan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tumbuhan USDA (APHIS). Otorisasi ini berarti tanaman rekayasa genetika tidak lagi diatur dengan kontrol ketat yang membatasi di mana dan bagaimana tanaman itu dapat ditanam. Ini dapat ditanam dengan aman di mana saja di Amerika Serikat seperti tanaman lain yang diizinkan.

“Ketika Cathie dan saya mendirikan NPS [Norwich Plant Sciences] hampir 15 tahun yang lalu untuk membawa tomat ungu yang mempromosikan kesehatan dan ditingkatkan secara genetik, kami tidak pernah berpikir akan butuh waktu lama untuk mendapatkan persetujuan peraturan,” kata Jonathan Jones, yang telah bekerja dengan Martin dalam mengkomersilkan pabrik selama lebih dari satu dekade.

“Ini adalah hari yang buruk untuk perbaikan tanaman, dengan persetujuan produk yang bermanfaat oleh USDA, setelah meneliti dengan cermat dokumen informasi terperinci yang menjelaskan sifat-sifatnya,” tambah dia.

Selama beberapa tahun terakhir sejumlah kegunaan untuk tomat yang disempurnakan telah dieksplorasi. Para ilmuwan awalnya berfokus pada produksi jus tomat kaya antosianin yang dapat diuji dalam konteks klinis untuk pasien dengan kanker atau penyakit kardiovaskular.

Namun, produk semacam itu masih menghadapi lebih banyak pengujian dan rintangan peraturan sebelum mencapai pasar. Jadi langkah pertama Martin dan Jones adalah menjual benih tomat ungu ini ke petani rumahan.

Persetujuan AS menandai tempat pertama di dunia yang mengizinkan produk rekayasa genetika untuk ditanam. Martin dan Jones berharap tomat akan segera disetujui di Inggris.

“Sayangnya tomat akan dijual di Amerika dan bukan di Inggris. Tetapi sisi positifnya adalah dengan berfokus pada petani rumahan, kami akan berorientasi pada konsumen, dan kami akan dapat memperoleh umpan balik dan minat yang diperlukan untuk mengembangkan produk lain,” jelas dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement