Senin 12 Sep 2022 06:08 WIB

Proyek MRT Fase 2A Harmoni-Mangga Besar Dimulai

MRT juga nantinya akan dibangun untuk fase 3 dan fase 4.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah kendaraan melintas di samping proyek pembangunan jalur kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (25/8/2022).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah kendaraan melintas di samping proyek pembangunan jalur kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (25/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Proyek pembangunan MRT Fase 2A segmen Harmoni-Mangga Besar resmi dimulai. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal tersebut menjadi bukti konsistensi pemerintah dalam membangun dan mengembangkan angkutan massal perkotaan.

“MRT fase 2A (koridor selatan-utara) ini akan kita mulai dan akan diteruskan sampai Ancol,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Senin (12/9/2022). 

Baca Juga

Budi memastikan pembangunan MRT tidak hanya dilakukan untuk koridor selatan-utara. Dia menegaskan MRT juga nantinya akan dibangun untuk fase 3 koridor timur-barat dan juga fase 4 dari Fatmawati sampai TMII. 

Dia menegaskan pemerintah akan terus konsisten membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata. MRT Fase 2A akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) yang juga menjadi destinasi wisata, salah satunya yaitu di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota.

“Saya mendukung pembukaan kembali Kawasan Kota Tua oleh pemprov DKI yang nantinya akan memberikan nilai tambah bagi kehadiran MRT. Dengan dilewati MRT, diharapkan kawasan Kota Tua ini akan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat,” tutur Budi.

Budi mengatakan proyek MRT tersebut menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, maka bisa berhemat puluhan triliun dari biaya BBM.

Jalur MRT Harmoni-Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A yang membentang sepanjang 6,3 kilometer dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota. Jalur tersebut melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket yakni CP 201, CP 202, dan CP 203. Untuk Fase 2A CP 202 membentang sepanjang 1,8 kilometer melewati tiga stasiun bawah tanah yakni Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar. Diproyeksikan, keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A dapat diselesaikan pada 2028.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement