Senin 15 Aug 2022 09:28 WIB

Erick Thohir Dorong Program Livin Pasar Diperluas

Erick Thohir mendorong program Livin Pasar diterapkan di pasar-pasar tradisional

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau pelaksanaan digitalisasi transaksi di Pasar Induk Caringin Bandung, Sabtu (13/8/2022).
Foto: Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau pelaksanaan digitalisasi transaksi di Pasar Induk Caringin Bandung, Sabtu (13/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi program Livin Pasar Bank Mandiri di Pasar Caringin. Program ini sangat bermanfaat dan membantu para pedagang. Karena itu, Erick mendorong program itu diterapkan di pasar-pasar tradisional.

"Saya apresiasi program Bank Mandiri yang menginisiasi Livin Pasar di Pasar Caringin ini. Kemarin dilakukan di Yogyakarta, Pasar Beringharjo. Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang sehingga saya terus dorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional," ujar Erick saat berkunjung di Pasar Induk Caringin, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga

Erick yakin dengan semakin meluasnya program ini di pasar-pasar tradisional maka makin banyak pedagang dan pelaku UMKM yang melakukan transaksi nontunai. Dan ini, akan semakin mendorong dan membawa mereka naik kelas.

Di Pasar Caringin, Bandung, ada 1.530 pedagang yang sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Livin Usaha Bank Mandiri dalam bertransaksi.

"Tadi saya ngobrol dengan mereka, dan meski baru, tapi mereka merasakan transaksi cashless ini membantu berjualan secara grosir. Jika semakin banyak pedagang merasakan manfaat dan kemudahan bertransaksi secara non tunai, maka tentu tingkat inklusi keuangan kita juga akan makin meningkat," kata Erick.

Mandiri berkomitmen mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi Urban Lokomotif lewat beragam program dukungan pertumbuhan ekonomi kerakyatan di wilayah perkotaan sekaligus menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat serta mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

Salah satu implementasi komitmen tersebut adalah Program Livin’ Urban yang berfokus untuk menyejahterakan masyarakat melalui berbagai inisiatif. Mulai dari program digitalisasi pasar bertajuk Livin’ Pasar, lalu Livin’ Warung, Livin’ Kampoeng Usaha dan Kampoeng Sehat hingga Livin’ Society yang memberikan dampak sosial yang positif.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement