Jumat 29 Jul 2022 03:15 WIB

JIP Terpilih Jadi Nama Maskot Piala Dunia FIBA 2023, Ini Alasannya

JIP penggabungan huruf depan ketiga negara tuan rumah Piala Dunia FIBA.

JIP, maskot FIBA Basketball World Cup 2023.
Foto: FIBA
JIP, maskot FIBA Basketball World Cup 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pada Kamis (28/7/2022) mengumumkan hasil jajak pendapat penggemar yang membuahkan JIP sebagai nama maskot Piala Dunia FIBA 2023. Menurut FIBA, sejak 9 Juni 2022 lalu, tak kurang dari 100 ribu penggemar ambil bagian dalam jajak pendapat pemilihan nama maskot yang menyediakan enam opsi dan JIP adalah yang dipilih paling banyak.

Terpilihnya JIP, penggabungan huruf depan ketiga negara tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 dalam bahasa Inggris yakni Jepang, Indonesia, dan Filipina, juga sesuai dengan semangat para desainer yang menciptakan maskot berwujud robot basket tersebut yaitu menyatukan orang-orang dan mewakili mereka semua.

Baca Juga

"Nama JIP sungguh cocok dengan maskot yang dirancang secara indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah," kata Direktur Eksekutif Piala Dunia FIBA 2023 David Crocker dalam keterangan resminya. "Pengumuman ini juga diharapkan dapat membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan, sembari memberi kesempatan kepada penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik ini di akhir bulan nanti di Jakarta, Okinawa, dan Manila lewat sejumlah kegiatan menarik."

Akhir pekan ini pada Sabtu (30/7/2022) dan Ahad (31/7/2022) para penggemar basket di ketiga negara tuan rumah bakal berkesempatan untuk bertemu dengan JIP. Di Indonesia, JIP akan diperkenalkan langsung di Mal Sarinah, Jakarta, pada Sabtu (30/7/2022). Keluarga dan anak-anak bisa bertemu langsung dan robot basket itu pada pukul 15.00 sampai 17.00 WIB.

"Kami sangat senang memiliki JIP sebagai maskot Piala Dunia FIBA 2023. JIP mewakili segala hal yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan antara ketiga negara tuan rumah," kata Ketua Komite Manajemen Bersama Indonesia untuk Piala Dunia FIBA 2023 Cahyadi Wanda. "Dan yang terpenting, maskot yang menarik bagi anak-anak, yang kami harapkan semoga bisa menularkan kecintaan terhadap bola basket ke generasi penerus."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement