Selasa 26 Jul 2022 12:30 WIB

Habis Jual Bitcoin, Tesla Raup Untung Hingga US$64 Juta

Setelah menjual 75% dari simpanan BTC-nya untuk dolar pada kuartal kedua, perusahaan menjaring keuntungan yang direalisasikan sebesar 64 juta dolar.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bitcoin (unsplash/Kanchanara)
Bitcoin (unsplash/Kanchanara)

Keputusan Tesla untuk menurunkan sebagian besar perbendaharaan Bitcoin (BTC) demi menjaring untung besar di kuartal kedua, bahkan ketika harga kripto jatuh ke pasar bearish memberikan dampak besar.

Melansir dari Cointelegraph, Selasa (26/7/2022), dalam enam bulan pertama tahun 2022, Tesla mencatat kerugian penurunan nilai sebesar 170 juta dolar yang diakibatkan oleh perubahan pada nilai pembawaan kepemilikan Bitcoin-nya, menurut pengajuan Formulir resmi dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, atau SEC.

Setelah menjual 75% dari simpanan BTC-nya untuk dolar pada kuartal kedua, perusahaan menjaring keuntungan yang direalisasikan sebesar 64 juta dolar. Dalam keuangan, kerugian penurunan nilai terjadi ketika nilai wajar suatu aset yang dimiliki oleh perusahaan berada di bawah nilai pembawa investasi.

Baca Juga: Negara-negara Arab Akan Adopsi Bitcoin sebagai Mata Uang yang Sah? Ini Kata Pangeran Serbia

Tesla mencatat pendapatan per saham sebesar 2,27 dolar pada kuartal kedua dengan pendapatan 16,93 miliar dolar. Meskipun profitabilitas turun dibandingkan dengan kuartal pertama, itu naik di atas level tahun lalu. Namun, profitabilitas perusahaan dipengaruhi oleh meningkatnya inflasi dan meningkatnya persaingan untuk sel baterai.

Menurut Bitcoin Treasuries, pembuat kendaraan listrik itu masih memiliki 10.800 BTC di pembukuannya. Dengan harga saat ini sekitar 22.000 dolar BTC, kepemilikan aset digital Tesla bernilai sekitar 237 juta dolar.

Pengungkapan 10-K tidak mengungkapkan wawasan baru tentang strategi aset digital Tesla. Namun, perusahaan menyatakan bahwa mereka dapat menambah atau mengurangi kepemilikannya dari waktu ke waktu.

"Seperti halnya investasi apa pun dan konsisten dengan cara kami mengelola akun kas dan setara kas berbasis fiat, kami dapat menambah atau mengurangi kepemilikan aset digital kami kapan saja berdasarkan kebutuhan bisnis dan pandangan kami tentang kondisi pasar dan lingkungan," kata perwakilan Tesla.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement