Jumat 08 Jul 2022 02:45 WIB

Chip Dorong Laba Samsung Kuartal II, Tertinggi Sejak 2018

Samsung membukukan laba operasional 14 triliun won, naik 11 persen.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Chip DRAM Samsung. Samsung Electronics Co Ltd Korea Selatan menghasilkan laba terbaiknya pada April-Juni terbaiknya sejak 2018 pada Kamis (7/7/2022).
Foto: Photo: Business Wire
Chip DRAM Samsung. Samsung Electronics Co Ltd Korea Selatan menghasilkan laba terbaiknya pada April-Juni terbaiknya sejak 2018 pada Kamis (7/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Samsung Electronics Co Ltd Korea Selatan menghasilkan laba terbaiknya pada April-Juni terbaiknya sejak 2018 pada Kamis (7/7/2022). Hal itu didukung oleh penjualan chip memori ke pelanggan server, bahkan ketika permintaan dari smartphone yang dilanda inflasi itu sedang tenang.

Saham pembuat chip memori dan smartphone terbesar di dunia ditutup naik 3,2 persen setelah hasil awal diumumkan, versus kenaikan 1,8 persen di pasar yang lebih luas. Saham pembuat chip lainnya, termasuk saingannya SK Hynix dan TSMC juga naik, karena analis mengatakan ketatnya pasokan chip tertentu dapat membantu mengimbangi permintaan yang lebih lambat yang menurunkan harga chip memori.

Baca Juga

Samsung membukukan laba operasional 14 triliun won (sekitar Rp 161 triliun), naik 11 persen dari 12,57 triliun won (sekitar Rp 144 triliun) tahun sebelumnya, hanya lebih sedikit dari SmartEstimate 14,45 triliun won (sekitar Rp 166 triliun) dari Refinitiv.

Pendapatan untuk kuartal kedua naik 21 persen menjadi 77 triliun won (sekitar Rp 888 triliun), sejalan dengan perkiraan pasar. Kuartal yang kuat untuk Samsung datang pada saat pembuat chip lain telah memperingatkan kelebihan chip kepada pelanggan yang menimbun selama pandemi, untuk memenuhi permintaan lebih tinggi dari orang-orang yang bekerja dari rumah.

Pembuat chip termasuk Micron dan Advanced Micro Devices juga baru-baru ini mengisyaratkan permintaan yang berkurang karena inflasi yang sangat tinggi menekan pengeluaran. "Pembuat chip memori diperkirakan akan membangun inventaris tahun ini, menjaga pasokan tetap konservatif, dan menaikkan pengiriman ketika harga rebound dan permintaan pulih tahun depan,” kata seorang analis di Cape Investment & Securities, Park Sung-soon, Kamis.

Menurut penyedia data TrendForce, harga chip DRAM tertentu, yang digunakan di perangkat dan server, turun sekitar 12 persen bulan lalu dari tahun lalu. Harga chip NAND Flash, yang digunakan untuk penyimpanan data, juga diproyeksikan turun sebanyak 5 persen pada periode Juli-September dari kuartal sebelumnya.

Meningkatnya inflasi, kekhawatiran tentang penurunan di pasar utama, perang di Ukraina, dan karantina wilayah Covid-19 China telah mengakibatkan perlambatan penjualan ponsel cerdas, yang menjadikan permintaan chip server sebagai satu-satunya titik terang. Keuntungan Samsung telah dikukuhkan karena perusahaan teknologi besar AS seperti Amazon, Microsoft, Alphabet Google, dan Meta yang menggunakan banyak layanan pusat data terus membeli chip untuk memenuhi permintaan cloud.

Membuat alasan untuk permintaan server yang kuat, pemasok elektronik kontrak Taiwan dan pembuat iPhone Apple Foxconn menaikkan prospek setahun penuh dan optimis tentang kuartal ketiga. Nilai dolar AS yang kuat, yang mencapai level tertinggi 20 tahun, mungkin juga membantu keuntungan chip Samsung pada kuartal kedua. Penjualan chip Samsung dibuat terutama dalam dolar AS, sementara mereka melaporkan keuntungannya dalam won Korea sehingga dolar yang kuat berarti pendapatan chip yang lebih tinggi.

Counterpoint Research mengatakan perkiraan pengiriman smartphone oleh bisnis seluler Samsung pada kuartal kedua sekitar 62-64 juta, sekitar 5 persen sampai 8 persen lebih rendah dari perkiraan Maret, karena inflasi menekan permintaan smartphone. Samsung mengirimkan 74 juta smartphone pada kuartal pertama.

"Tren ini sama untuk pembuat smartphone global utama, meskipun ada perbedaan sampai tingkat tertentu. Secara khusus, pukulan terhadap permintaan smartphone kelas bawah dan menengah tampaknya lebih parah," ujar analis senior di Counterpoint, Jene Park.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement