Kamis 16 Jun 2022 18:07 WIB

Tips Memilih dan Menyimpan Buah Segar

Agar buah tahan lama, pilih yang segar dan simpan dengan benar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Apel hasil kebun Selandia Baru. Jika tak langsung dihabiskan, apel biasanya akan berwarna kecokelatan.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Apel hasil kebun Selandia Baru. Jika tak langsung dihabiskan, apel biasanya akan berwarna kecokelatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah dan sayur merupakan kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, terkadang orang kesulitan memilih buah yang segar dan tak tahu cara tepat untuk menyimpannya.

New Zealand Trade Commissioner to Indonesia, Diana Permana, menjelaskan untuk mendapatkan buah segar, pilih buah yang berwarna cerah. Setiap buah memiliki warna kulit yang khas. Buah yang segar memiliki warna kulit yang cerah.

Baca Juga

"Pada umumnya buah yang mengalami proses pematangan dan atau sudah tidak segar akan berubah warna kulit aslinya menjadi kusam dan gelap," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (15/6/2022).

Selain itu, Diana menyarankan untuk memilih buah dengan kulit yang bagus. Buah yang segar memiliki bentuk dan tekstur kulit yang bagus.

Pilihlah buah yang kulitnya mulus dan berkilau, tidak keriput, dan tidak memar. Jangan ambil buah yang bernoda, baik noda getah, bekas gigitan serangga, dan kotoran lainnya.

"Buah yang sudah tidak segar biasanya keriput dan lembek," kata Diana.

Saran lainnya adalah pilih daging buah yang kencang. Saat memilih buah, remas dengan lembut. Umumnya, buah yang segar memiliki daging buah yang kencang.

Lantas, cium aromanya. Hampir setiap buah memiliki aroma yang khas, maka pastikan buah yang Anda pilih memiliki aroma yang masih segar.

Khusus untuk apel, apakah ada cara khusus memilih produknya? Menurut Duana, terdapat berbagai jenis dan warna apel. Pada umumnya apel berwarna merah pekat, merah kekuningan, dan hijau.

"Apel yang segar memiliki warna yang cerah dan tekstur kulit yang mulus, beberapa jenis apel juga memiliki kulit yang mengilap. Apel yang segar memiliki daging buah yang kencang dan aroma yang segar," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement