Selasa 07 Jun 2022 02:53 WIB

Ini Pesan Bill Gates untuk Anak Muda yang Ingin Mengubah Dunia

Bill Gates menyarankan anak muda rajin membaca buku.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Bill Gates.
Foto: Republika/Prayogi
Bill Gates.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Miliader dan pendiri Microsoft Bill Gates menyarankan anak muda yang ingin mengubah dunia untuk banyak membaca buku. Saran tersebut dia ungkapkan dalam sesi Reddit “Ask Me Anything” ke-10.

“Hal ideal yang bisa dilakukan adalah banyak membaca buku. Mudah-mudahan Anda bisa menemukan keterampilan yang disukai dan berdampak pada dunia,” kata Gates.

Baca Juga

Dilansir CNBC, Senin (6/6/2022), Gates secara teratur merilis daftar buku favoritnya. Menurut dia, membaca sangat penting untuk menemukan berbagai minat baru dan keterampilan yang bisa digunakan untuk mengubah dunia. Setiap tahun, Gates membaca 50 buku dan sering membawa tas jinjing yang berisi buku saat dia berlibur.

“Saat liburan saya bisa membaca sekitar tiga jam sehari sehingga saya membaca banyak buku,” tulis Gates selama AMA Reddit 2021. 

Tahun itu, Gates membahas bagaimana dia membuat catatan saat membaca. Terkadang dia menulis di pinggir bukunya untuk membantunya mengingat apa yang dia baca. Selain itu, Gates juga mengklaim saat dia memulai membaca buku, dia akan selalu menyelesaikannya.

“Saya menolak untuk berhenti membaca buku di pertengahan, bahkan jika saya tidak menyukainya,” ujarnya.

Dia menekankan kebiasaan membacanya sangat penting dalam meraih kesuksesannya.

“Setiap buku mengajari saya sesuatu yang baru atau membantu saya melihat sesuatu secara berbeda. Saya beruntung memiliki orang tua yang mendorong saya untuk membaca. Membaca memicu rasa ingin tahu tentang dunia yang menurut saya membantu mendorong saya maju dalam karier dan pekerjaan saya,” tambahnya.

Saat ini, yayasan nirlaba Gates Foundation berfokus pada penanganan masalah global seperti kemiskinan, perubahan iklim, dan kesiapsiagaan pandemi. Gates juga belum lama ini menghabiskan waktu untuk menulis buku tentang beberapa topik tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement