Ahad 05 Jun 2022 22:25 WIB

Asyik, Car Free Day Kembali Digelar di Kuningan

Car free day sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Partner
.
.

Car free day Kuningan. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Car free day Kuningan. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Pemkab Kuningan akhirnya membuka kembali Car Free Day (CFD), Ahad (5/6/2022). Hiburan rakyat itu sempat terhenti sekitar dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, menghadiri langsung kegiatan car free day itu di Jalan Siliwangi, tepatnya di depan Pendopo Kabupaten Kuningan, dengan didampingi sejumlah pejabat Forkopimda dan para kepala OPD.

Acara car free day tersebut berlangsung dari mulai Bundaran Cijoho hingga sepanjang Jalan Siliwangi sampai Taman Kota.

Terlihat antusiasme warga dan pedagang sangat tinggi menyambut dibukanya kembali car free day. Mereka melakukan berbagai aktivitas di pagi hari dari mulai senam pagi, bersepeda atau sekedar kulineran.

 

Acep mengungkapkan, setelah dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun, kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan kini terus menurun. Bahkan, Kabupaten Kuningan kini berada pada Level 1 sebagaimana instruksi menteri dalam negeri.

‘’Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT, doa dan ikhtiar serta ketegaran kita bersama, bersatu padu melawan Covid-19, akhirnya membuahkan hasil yang tidak sia-sia,’’ tutur Acep.

Acep menjelaskan, kriteria Level 1 artinya kegiatan masyarakat baik di pusat perbelanjaan, rumah makan, warung, tempat ibadah, pusat kebugaran, dan fasilitas umum lainnya dapat dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen. Namun dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan.

Car free day di Kuningan kembali dibuka. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Car free day di Kuningan kembali dibuka. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

Mengenai CFD yang kini kembali dilakukan, Acep menilai, kegiatan tersebut memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan daerah. Di antaranya bagi wisata, peningkatan UMKM, interaksi sosial, hingga peningkatan PAD Kabupaten Kuningan pasca pandemi.

Acep pun berpesan agar warganya memanfaatkan CFD itu sebagai ruang publik untuk melakukan berbagai kegiatan positif. Seperti misalnya olah raga, usaha/dagang, berkesenian ataupun hiburan. Namun, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

‘’Dalam melakukan CFD juga harus tetap menjaga fasilitas umum dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,’’ tandas Acep. (Lilis Sri Handayani)

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/151418/asyik-car-free-day-kembali-digelar-di-kuningan
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement