Sabtu 21 May 2022 09:29 WIB

Makanan Kesukaan Rasulullah, Apa Saja?

Rasulullah SAW sangat menyukai buah kurma

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Rasulullah SAW sangat menyukai buah kurma, namun demikian terdapat jenis makanan lain yang Rasulullah sukai dan makan. Ada pula jenis makanan yang kerap disuguhkan Rasulullah kepada tamunya selain kurma, apa itu? Yakni keju.  

Nashiruddin Al-Albani dalam kitab Mukhtashar Shahih Al-Bukhari menyebutkan sejumlah hadis yang berkaitan dengan keju. Misalnya dalam sebuah hadis, "Wa qaala Hamidun: sami'tu Anasan: bana An-Nabiyyu SAW bishafiyyata fa-alqaa attamra wal-aqitha wassamna,". Yang artinya, "Humaid berkata, 'Aku pernah mendengar Anas berkata: Ketika mengawini Shafiyyah, Nabi Muhammad SAW menyuguhkan kurma, keju, dan mentega,". 

Baca Juga

Dalam hadis lain juga disebutkan, "Wa qaala Amru Ibnu Abi Amrin an Anasin: shana'a An-Nabiyyu SAW haisan,". Yang artinya, "Amr bin Abi Amr berkata, Anas berkata: 'Nabi SAW pernah membuat adonan tepung dan kurma,". 

Selain itu, dalam sebuah hadis disebutkan, "An Ibni Abbas radhiyallahu anhuma qaala, ahdat khaalatiy ila An-Nabiyyi SAW dhiyaaban wa aqithan wa labanan, fawudhi'a ad-dhabbu ala maa-idatihi, falaw kaana haraman, lam yudha', wa syariba al-labana wa akalal-aqitha,". 

 

Yang artinya, "Ibnu Abbas berkata, "Bibiku menghadiahkan beberapa ekor kadal, keju, dan susu kepada Nabi SAW. Kadal itu diletakkan di atas meja beliau. Seandainya kadal itu haram, tentu tidak akan diletakkan di sana. Kemudian meminum susu dan memakan kejunya,". 

Tak hanya keju, Rasulullah juga menyukai daging kambing/domba, cuka, dan gandum. Dan yang paling terpenting, saat Rasulullah makan beliau selalu menunjukkan adab yang baik. Beliau tidak pernah mencaci makanan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah disebutkan, "Nabi tidak pernah mencaci makanan. Jika berselera, beliau memakannya. Dan kalau tidak berselera, beliau tidak memakannya,". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement