Sabtu 07 May 2022 09:31 WIB

DKI Umumkan Status Siaga 2 untuk Pintu Air Pasar Ikan

Sembilan wilayah di Jakarta Utara berpotensi terdampak dari status siaga 2 tersebut.

Pintu Air Pasar Ikan di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pintu Air Pasar Ikan di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginformasikan status siaga 2 Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Ketinggian permukaan air mencapai 205 sentimeter pada Sabtu pukul 07.00 WIB.

Sembilan wilayah di Jakarta Utara berpotensi terdampak dari status siaga 2 tersebut, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru. Namun demikian, BPBD DKI dalam akun Twitter resminya yang dikutip di Jakarta, Sabtu mengindikasikan penurunan ketinggian air di Pintu Air Pasar Ikan terus terjadi sejak dilaporkan 230 cm pukul 00.00 WIB, turun delapan cm menjadi 222 cm pada pukul 03.00 dan turun lagi 17 cm menjadi 205 cm pukul 07.00 WIB.

Baca Juga

Berdasarkan kronologi, tinggi muka air (TMA) Pintu Air Pasar Ikan berstatus Siaga 2 sejak Jumat (6/5/2022) pukul 18.00 WIB dengan ketinggian 205 cm. Kemudian pukul 21.00 WIB, permukaan air naik 20 cm menjadi 225 cm. Namun demikian, cuaca di Pintu Air Pasar Ikan saat ini terang dan tidak mendung.

BPBD DKI telah menyosialisasikan status Pintu Air Pasar Ikan dengan menyebarkan informasi melalui media sosial serta pemberitahuan kepada camat dan lurah setempat. Dalam keadaan darurat, warga diminta menghubungi call center Jakarta Siaga 112.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca pelabuhan di daratan Jakarta berpotensi hujan ringan pada Sabtu. Adapun ketinggian pasang air laut maksimal 0,7 meter diperkirakan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement