Senin 09 May 2022 00:42 WIB

5 Langkah Cerdas Memulihkan Keuangan setelah Lebaran

Jangan sampai membiarkan kondisi keuangan begitu saja tanpa adanya pemulihan. Lakuka langkah cerdas berikut, untuk memulihkan kondisi keuangan pasca lebaran:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Keuangan
Tips Keuangan

Setelah melakukan semua aktifitas pada hari lebaran, kamu tentu akan membutuhkan dana ekstra, apalagi jika kamu dan keluarga akan mudik ke kampung halaman. 

Bagaimanapun juga, beragam aktivitas selama lebaran tentu akan menguras banyak dana dari keuangan, bukan?

Kondisi keuangan setelah lebaran bisa sangat mungkin tidak “sehat”, apalagi jika kamu mengeluarkan banyak dana di luar anggaran yang sudah disusun sebelumnya. 

Sangat penting untuk mengevaluasi keuangan dengan segera, sehingga berbagai pos di dalamnya bisa kembali berjalan dengan baik. Jangan sampai membiarkan kondisi keuangan begitu saja tanpa adanya pemulihan, sebab hal ini justru beresiko menimbulkan masalah lainnya yang lebih serius di dalam keuangan. 

 

Lakukan beberapa langkah cerdas berikut ini, untuk memulihkan kondisi keuangan pasca lebaran:

 

1. Catat dan hitung pengeluaran ramadhan hingga lebaran

mencatat pengeluaran

Pada umumnya pengeluaran sudah membengkak sejak bulan ramadhan, sebab berbagai kebutuhan meningkat dengan tajam. Mulailah mencatat berbagai pengeluaran yang sudah dikeluarkan selama bulan ramadhan, sehingga bisa menghitungnya dengan lebih mudah. 

Lanjutkan langkah ini untuk berbagai pengeluaran ketika lebaran dan musim liburan tersebut. Kamu perlu mencatat semua pengeluaran dengan lengkap, termasuk yang masih dalam bentuk tagihan (kartu kredit). 

Hitunglah dengan baik berapa jumlah total pengeluaran dan berapa lagi sisa tagihan yang masih harus dilunasi. Hal ini akan mempermudah untuk melihat kondisi keuangan setelah lebaran, termasuk jumlah defisit yang terjadi di dalam anggaran keuangan, sehingga bisa merencanakan pelunasannya dengan lebih tepat. 

Selain itu, catatan ini juga akan membantu untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan di masa lebaran yang akan datang, sehingga bisa bebas masalah keuangan. 

Baca Juga: Keuangan Anti Krisis saat Baru Punya Anak, Begini Caranya

2. Prioritaskan pelunasan hutang

prioritaskan pelunasan hutang

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah melihat kondisi keuangan adalah melunasi hutang-hutang yang timbul selama lebaran. Jangan menunda untuk melunasi hutang, terutama yang memiliki bunga seperti hutang kartu kredit. 

Selain membuat keuangan tidak lancar, bunga hutang ini juga akan menambah beban keuangan. Mulailah melakukan pelunasan hutang, terutama yang memiliki bunga. 

Prioritaskan pelunasan hutang ini terlebih dahulu, sebelum melakukan tindakan lainnya di dalam keuangan.

3. Penuhi kembali dana darurat 

uang darurat

Jika kondisi pengeluaran membengkak, maka sangat mungkin kamu juga menggunakan dana darurat yang dimiliki. Hal ini patut menjadi perhatian penting, mengingat dana darurat harus selalu ada dalam jumlah yang cukup di dalam keuangan, agar keuangan tidak beresiko mengalami masalah. 

Penggunaan dana darurat untuk biaya lebaran bukanlah masalah, selama bisa segera kembali mengisi dan memenuhi kebutuhan dana darurat tersebut secepatnya. 

Mulailah menabungkan kembali dana darurat, sehingga jumlahnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mungkin tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat sekaligus, namun harus tetap fokus untuk memenuhi kebutuhan dana darurat ini dengan baik.

4. Atur kembali anggaran dan lakukan penghematan

atur keuangan

Jangan lupa untuk mengatur kembali anggaran keuangan setelah lebaran, sehingga bisa menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Pangkas berbagai pos pengeluaran yang tidak penting di dalam keuangan, sehingga bisa melakukan penghematan dengan baik. 

Namun pastikan berbagai kebutuhan pokok tetap terpenuhi dengan baik, agar berbagai rutinitas tetap bisa berjalan dengan lancar. Lakukan penyesuaian dan susun anggaran keuangan dengan ketat, sehingga berbagai rencana keuangan bisa berjalan dengan baik setelah lebaran.

Baca Juga: Rahasia Menjadi Kaya Setelah Lebaran Tanpa Halu

5. Jangan lupakan investasi di dalam keuangan 

investasi keuangan

Jika sudah melakukan beberapa langkah di atas, maka kondisi keuangan tentu akan mulai pulih. Jangan lupa untuk segera melakukan investasi di dalam keuangan, bahkan meski kamu baru memiliki dana yang sedikit saja. 

Saat ini ada banyak investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil, bahkan bisa ditemukan secara online. Pilih jenis investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan keuangan, sehingga investasi ini kelak bisa memberikan manfaat maksimal bagi keuangan.

Pulihkan Keuangan dengan Langkah Tepat

Kondisi keuangan pasca lebaran sangat mungkin terganggu, apalagi jika kamu menghabiskan banyak uang di luar anggaran yang disusun. Pastikan segera melakukan berbagai langkah yang tepat untuk memulihkan kondisi keuangan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Langkah Cerdas Mengamankan Keuangan setelah Lebaran

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement