Jumat 29 Apr 2022 14:17 WIB

Data Agoda: Destinasi Domestik Masih Jadi Favorit

Perjalanan domestik juga jadi favorit wisatawan asal Malaysia, Filipina, dan India.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Agoda. Wisatawan Indonesia masih menjadikan perjalanan domestik sebagai pilihan utama mereka saat pekan perayaan Idul Fitri tahun ini.
Foto: agoda.com
Agoda. Wisatawan Indonesia masih menjadikan perjalanan domestik sebagai pilihan utama mereka saat pekan perayaan Idul Fitri tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisatawan Indonesia masih menjadikan perjalanan domestik sebagai pilihan utama mereka saat pekan perayaan Idul Fitri tahun ini, demikian menurut data pemesanan Agoda yang dikumpulkan pada 11 April 2022 dengan tanggal check-in 1-14 Mei 2022.

Dikutip dari siaran resmi Agoda, Jumat (29/4/2022), perjalanan domestik juga masih menjadi favorit para wisatawan asal Malaysia, Filipina, dan India. Masing-masing lebih memilih destinasi yang tersedia di dalam negeri.

Baca Juga

Sementara, wisatawan Singapura lebih tertarik menjelajahi perbatasan yang baru dibuka dan menjadikan negara tetangganya, Malaysia, sebagai destinasi peringkat teratas pada Idul Fitri kali ini.

Masih menurut data pemesanan platform perjalanan digital Agoda, Thailand dan Singapura merupakan destinasi regional paling populer bagi wisatawan untuk libur Idul Fitri tahun ini.nThailand memimpin daftar lima destinasi teratas bagi semua negara. Disusul Singapura yang menjadi destinasi populer bagi wisatawan Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Sedangkan Indonesia dan Malaysia masing-masing muncul sebagai destinasi favorit saat Idul Fitri di kedua negara.

Untuk destinasi internasional, wisatawan asal Indonesia, Malaysia, dan Filipina berbondong-bondong memilih negara yang udaranya lebih dingin. Inggris (UK) dan Amerika Serikat muncul sebagai pilihan destinasi. Sedangkan wisatawan India mencari iklim yang lebih hangat, menempatkan Maladewa di posisi teratas, diikuti Uni Emirat Arab.

Perbandingan data pemesanan untuk libur Idul Fitri pada tahun 2019 (tanggal check-in 1- 9 Juni 2019) dan 2022 (tanggal check-in 1- 14 Mei 2022) menunjukkan adanya pergeseran dalam sepuluh pilihan destinasi teratas di masing-masing negara. Pada 2019, Jepang merupakan salah satu pilihan destinasi teratas, berada di peringkat kedua destinasi paling diinginkan wisatawan Filipina dan peringkat ketiga bagi wisatawan Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Namun, tahun ini Jepang terpaksa keluar dari daftar 10 besar karena negara itu masih tertutup untuk wisatawan.

Destinasi favorit lainnya pada 2019, seperti China dan Hong Kong, juga tidak masuk dalam daftar 10 besar tahun ini karena adanya penutupan perbatasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa negara-negara yang dengan cepat melonggarkan pembatasan dan membuka pintu bagi wisatawan asing bisa memperoleh manfaat dari kedatangan wisatawan internasional di musim liburan ini.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement