Senin 25 Apr 2022 19:35 WIB

Pasar Murah Kementan RI di Kalsel Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

Gelaran pasar murah ini dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat

Guna menjaga stabilitas dan ketersediaan harga bahan pokok selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H, Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI menggelar pasar pangan murah Ramadhan di berbagai titik kabupaten/kota di Indonesia. Salah satunya adalah di Provinsi Kalimantan Selatan.
Foto: istimewa
Guna menjaga stabilitas dan ketersediaan harga bahan pokok selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H, Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI menggelar pasar pangan murah Ramadhan di berbagai titik kabupaten/kota di Indonesia. Salah satunya adalah di Provinsi Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU--Guna menjaga stabilitas dan ketersediaan harga bahan pokok selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1443 H, Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI menggelar pasar pangan murah Ramadhan di berbagai titik kabupaten/kota di Indonesia. Salah satunya adalah di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dirjen Hortikultura Kementan RI Dr Ir Prihasto Setyanto  membuka kegiatan pasar murah di halaman Kantor Dinas TPH Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (23/4/2022). Kegiatan pasar murah Ramadhan bertujuan untuk membantu masyarakat mampu membeli 9 bahan pokok dengan harga terjangkau khususnya pada saat menjelang lebaran.“Kementan RI juga menggelar pasar murah di provinsi lain, hal ini dilakukan sebagai langkah intervensi untuk memastikan ketersediaan bahan pokok maupun keterjangkauan harga bagi masyarakat,” kata Prihasto.

Baca Juga

Diharapkannya dengan adanya pasar murah ini dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat maupun kestabilan harga pangan. Kementan RI juga terus  memantau rantai distribusi pangan untuk menjaga agar tak terjadi inflasi harga khususnya kala menjelang lebaran.“Saat ini inflasi Indonesia masih level 3 persen, lebih baik dibandingkan negara lainnya yang bahkan ada mencapai 8 persen ,” katanya. 

Kementan RI sendiri punya early warning system yang dapat mendeteksi pergerakan harga bahan pokok dan pangan dalam 4 bulan ke depan. 

 

Kegiatan pasar murah Kementan RI mendapat dukungan dan apresiasi  dari Pemprov Kalsel. Gubernur Kalsel Sahbirin Noor turut memantau langsung kegiatan pasar murah Kementan RI di halaman kantor Dinas TPH Kalsel tersebut. “Kita bersyukur mendapatkan perhatian langsung dari Kementan RI, yang menggelar  pasar pangan  murah di Kalsel,” kata Paman Birin.

Dengan adanya pasar pangan murah di Bulan Ramadhan ini masyarakat sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhan bahan pokoknya karena harga yang terjangkau. “Pemprov Kalsel mengucapkan terima kasih kepada Kementan RI khususnya kepada Mentan RI Bapak Syahrul Yasin Limpo dan Dirjen Hortikultura Bapak Prihasto Setyanto yang berkenan datang langsung ke Kalsel guna memantau kegiatan pasar murah,” kara Paman Birin.

Menurutnya, Program pasar murah di Bulan Ramadhan ini adalah salah satu upaya pemerintah menjaga  stabilisasi harga dan pasokan bahan pangan selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Pemprov Kalsel juga melaksanakan pasar murah di berbagai lokasi lainnya guna memastikan masyarakat dapat terbantu membeli bahan pokok dengan harga terjangkau,” kata Paman Birin.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement