Sabtu 30 Apr 2022 05:37 WIB

Tips Membeli Baju Baru Lebaran

Tips Membeli Baju Baru Lebaran

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Membeli Baju Baru Lebaran
Tips Membeli Baju Baru Lebaran

Ada sebuah tradisi yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Yaitu membeli baju lebaran. Hal yang ini memang unik karena hanya terjadi setahun sekali. 

Namun dengan adanya banyak model baju tidak jarang membuat kita kalap dalam berbelanja. Kita bisa beli berkali-kali dengan dalih sebagai baju lebaran. Untuk itu, sangat penting bagi kita menyiapkan strategi yang tepat untuk membeli busana hari raya Idul Fitri. 

Karena tanpa adanya strategi yang tepat, kita bisa tanpa sadar telah melakukan pemborosan uang yang berlebihan. Nah, berikut hal-hal yang perlu kita perhatikan. 

 

1. Tentukan Anggaran Jauh-jauh Hari 

 

Anggaran Belanja Baju Lebaran

Anggaran Belanja Baju Lebaran

Untuk menentukan anggaran yang kita perlukan, kita perlu mengetahui dengan jelas sumber pemasukan dana yang kita punya, mulai dari dana 

Tunjangan Hari Raya atau THR, sisa tabungan atau bahkan dana darurat.  Kita bisa menggunakan sumber dana tersebut untuk membeli baju baru untuk lebaran. 

Hal yang perlu kita perhatikan adalah jangan mengeluarkan semua dana yang kita miliki. Untuk itu, kita perlu membuat anggaran bentuk nominal yang jelas dan pertimbangkan sumber dana yang mana yang akan kita gunakan. 

Selain itu menjelang hari raya Idul Fitri biasanya ada banyak potongan harga, atau promo. Hal ini bisa kita pertimbangkan sebelum membeli baju baru untuk hari raya kita. 

2. Manfaatkan Diskon Mall di Penghujung Ramadhan 

Tak jarang banyak diantara kita membeli baju lebaran sejak awal Ramadhan, hal ini wajar ketika kita mulai takut kehabisan stok produk baju lebaran. 

Akan tetapi, perilaku seperti ini ternyata kurang tepat. Faktanya, banyak toko baik offline maupun online yang menghadirkan promo di minggu kedua atau ketiga baik untuk koleksi baju ataupun produk baju lebaran.

Biasanya toko pakaian di mall akan melakukan potongan harga di waktu tepat sebelum lebaran atau H-3. Hal ini bisa kita manfaatkan.  Nah, mulai sekarang kita harus mulai mengamati kembali dan bertindak secara bijak, apakah kita akan membeli produk ketika harga masih mahal atau menunggu promo atau potongan harga. 

Baca Juga: Tampil Beda Saat Lebaran dengan 7 Outfit Pilihan ini!

3. Cek Kembali Koleksi Baju di Lemari 

Baju di Lemari

Mengecek Koleksi Baju

Hal yang perlu kita lakukan sebelum memutuskan membeli baju hari raya adalah dengan menyortir baju lama kita. Kita bisa memilahnya jika masih layak untuk dipakai ulang. 

Kita cukup menambahkan aksesoris agar busana nampak baru atau berbeda. Ataupun kita bisa menjual baju preloved kita dan dananya bisa kita gunakan untuk membeli baju hari raya yang kita inginkan. 

Dan jika kita tidak berkeinginan untuk menjualnya, maka kita bisa menyumbangkan ke beberapa tempat yang memerlukan. Ide mengeluarkan baju yang sudah terpakai sebelum membeli baju yang baru sangat baik untuk kita lakukan. 

4. Jadi Kreatif, Perbaiki Baju yang Masih Layak untuk Dipakai

Cara ini akan terdengar merepotkan bagi kita yang belum terbiasa melakukannya. Sebenarnya ada banyak pilihan rombak busana, baik memberikan kepada penjahit atau melakukannya sendiri. 

Jika kita memilih menggunakan jasa penjahit, maka alangkah baiknya kita sudah memberikan ke penjahit jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Karena sudah bukan lagi rahasia jasa penjahit akan sangat diminati banyak orang bahkan sebelum Ramadhan tiba. 

Atau hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menjadi kreatif dengan  memasang asesoris seperti payet-payet, pita ataupun yang lainnya, serta kita bisa memasangnya secara pribadi. Mungkin ini memakan waktu yang tidak sedikit. Namun kegiatan ini bisa kita gunakan untuk mengisi waktu luang kita. 

Baca Juga: Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Ada Saat Lebaran

5. Perhatikan Surat Elektronik yang Dimiliki

Cara bisnis jaman sekarang baik offline maupun online sudah biasa menggunakan surat elektronik atau email untuk memberitakan sesuatu, baik promo maupun produk terbaru yang mereka miliki. 

Bahkan beberapa toko terkadang memberikan potongan harga bagi kita yang pertama kali mendaftarkan diri untuk menerima surat elektronik dari sebuah toko tersebut. Jika hal ini bisa membantu kita, maka tidak salah jika kita bisa menggunakan metode ini untuk membeli produk lebaran.  

6. Manfaatkan Diskon Musiman Saat Ramadhan

Diskon Ramadhan

Diskon Ramadhan

Kita pasti tidak asing lagi dengan istilah Great Sale atau diskon musiman. Di Indonesia, kita bisa menikmati berbagai diskon musiman dalam berbagai momentum, seperti hari raya Idul Fitri, Imlek ataupun pada saat Tahun Baru. 

Meski ketika hal ini terjadi, kita akan berdesak-desakan dengan orang banyak. Namun beberapa toko pasti memberikan diskon khusus bahkan besar-besaran kepada masyarakat ketika berada pada momen di atas. Begitupun kepada umat Islam ketika menjelang hari raya Idul Fitri

Toko-toko biasanya memulai diskon sejak minggu kedua dan ketiga, hingga H-1 menjelang lebaran. Diskon dan potongan harga ini akan memberikan keuntungan yang sangat berarti bagi kita yang ingin membeli baju lebaran dengan harga lebih murah. 

Anggaran untuk Membeli Baju Baru

Pada dasarnya, budaya adalah hal yang masyarakat ciptakan dan tentunya semua berdasarkan pada standar masyarakat itu sendiri. Baju baru ketika lebaran seharusnya tidak menjadi barometer sukses tidaknya kita dalam melewati Ramadhan.  

Namun, semua sah-sah saja dilakukan selama tidak merugikan diri kita sendiri. Untuk itu, jika dirasa perlu untuk membeli baju baru maka belilah dengan mempertimbangkan keadaan keuangan yang kita punya. 

Baca Juga: Kemeriahan Perayaan Lebaran di Berbagai Negara Sebelum Ada Covid-19

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement