Rabu 13 Apr 2022 00:50 WIB

Penyaluran Pendanaan Penting untuk Perkembangan UMKM di Indonesia

Penyaluran pendanaan dinilai penting untuk perkembangan UMKM di Indonesia.

Rep: Fitrianto/ Red: Bilal Ramadhan
Penandatangan kerja sama pengembangan pembiayaan ultra mikro.
Foto: Istimewa
Penandatangan kerja sama pengembangan pembiayaan ultra mikro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Investasi Pemerintah menggandeng PT Dwi Optima Selaras untuk membantu UMKM di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara keduanya yang diwakilkan oleh Ririn Kadariyah selaku Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah dan Nurkholis selaku Direktur Utama PT Dwi Optima Selaras, di kantor BLU-PIP, Jakarta Pusat.

PT Dwi Optima Selaras atau CHOOP adalah Automation WhatsApp Catalogue Commerce yang beberapa waktu lalu diluncurkan di Bali. CHOOP menghadirkan sarana pemesanan online berbagai kebutuhan keseharian masyarakat dan bertekad membantu UMKM dalam memasarkan produknya.

Ririn Kadariyah selaku Direkur Utama Badan Layanan Umum PIP mengatakan dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pelayanan prima serta membantu para UMKM di Indonesia mengembangkan usaha dan mempromosikan produknya dengan platform digital yang tersedia untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kami optimistis bahwa platform ini dapat menjembatani agar UMi dapat berkembang. Banyak sekali tantangan ke depan dan dengan inovasi dari anak muda ini kami harapkan dapat menjangkau pelaku usaha yang paling bawah karena tugas kami di sini bukan hanya masalah pembiayaan saja tetapi juga tumbuh kembang UMKM,” ujar Ririn dalam rilisnya, Selasa (12/4/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PT Dwi Optima Selaras, Nurkholis berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan PIP kepada PT DOS. "Ke depannya kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai visi misi bersama dalam pengoptimalisasi UMKM,” kata Nurkholis.

Kerjasama ini merupakan upaya BLU-PIP dalam mendukung perluasan penyaluran, peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro, penguatan ekosistem Pembiayaan UMi, keandalan data UMKM serta implementasi pencairan pembiayaan melalui uang elektronik (UE) untuk meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran, mendukung inklusi keuangan serta Gerakan Nasional Non Tunai.

“UMKM di Indonesia sangat penting untuk diperhatikan karena salah satu jalan memperkenalkan kearifan lokal melalui produk UMKM dan kami sangat yakin dengan tujuan program dari PIP karena hal tersebut seirama dengan visi dan misi kami yang mengedepankan transaksi nontunai menggunakan solusi digital yang kami sediakan,” kata dia.

 

Tomi Suhartanto, Direktur Eksekutif PT Dwi Optima Selaras menambahkan dengan latar belakang platform e-commerce, saat ini mereka fokus bersinergi dengan pemerintah dalam implementasi program yang solutif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Di samping itu, Choop juga membuka diri kepada semua stakeholder agar dapat turut serta membangun negeri dengan pemikiran dan ide kreatif anak bangsa. "Maka dari itu kerja sama dengan Kementerian Keuangan melalui BLU-PIP adalah langkah awal kami dalam membangun bangsa dan negara," kata Tomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement