Ide Mengolah Makanan Sisa Menjadi Menu Sahur

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Ahad 03 Apr 2022 20:26 WIB

Makanan sisa berbuka bisa diolah kembali menjadi menu sahur. Foto: Needpix Makanan sisa berbuka bisa diolah kembali menjadi menu sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang kerap merasa malas untuk memasak makanan ketika sahur. Karena itu, banyak dari mereka yang hanya memanaskan makanan sisa semalam untuk kemudian disantap saat sahur.

Meski dianggap praktis, tetapi jika cara ini rutin dilakukan, Anda mungkin akan merasa bosan karena menu yang tersaji tidak variatif. Lalu bagaimana cara memodifikasi makanan sisa semalam agar tetap menarik untuk disantap sahur?

Baca Juga

Executive Chef Hotel Mercure PIK Jakarta, Agus Stiono, memberikan beberapa tips yang bisa Anda tiru di rumah. Misalnya jika masih ada ayam goreng dari sisa makan malam, Anda tinggal tambahkan sambal terasi kemudian goreng kembali, dan terakhir tambahkan daun kemangi.

“Tambahan sambel sama daun kemangi aja, itu sudah jadi ayam goreng rica-rica. Sebetulnya gampang saja kan,” kata Agus saat diwawancarai di kantor Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Lalu, jika ada daging semur sisa makan malam, Anda juga bisa menambahkan sambal terasi kemudian tumis kembali sehingga menjadi daging balado. “Jadi ada manis ada pedes, gampang juga, nggak repot masak,” kata Agus.

Namun demikian, Agus mengatakan perlu ada kreativitas dari individu masing-masing karena untuk mengolah kembali masakan sisa perlu pengetahuan yang cukup.

“Tapi sebenarnya kan bisa lihat-lihat di video YouTube, atau sekarang banyak video singkat seperti TikTok yang membagikan resep-resep. Itu bisa dijadikan sumber inspirasi dan mengasah kreativitas memasak,” jelas Agus.