Tarawih di Masjid Islamic Center Indramayu akan Khatamkan 1 Juz Alquran per Malam

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Kamis 31 Mar 2022 09:45 WIB

Kompleks Masjid Islamic Center, Indramayu, Jawa Barat (Ilustrasi). Masjid Islamic Center Indramayu akan menggelar sejumlah kegiatan selama Ramadhan Foto: Antara/Dhemas Reviyanto Kompleks Masjid Islamic Center, Indramayu, Jawa Barat (Ilustrasi). Masjid Islamic Center Indramayu akan menggelar sejumlah kegiatan selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Masjid Islamic Center ‘Syekh Abdul Manan’ Indramayu akan menggelar berbagai kegiatan ibadah untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan. Salah satunya adalah sholat sunah tarawih.

Di masjid tersebut, sholat tarawih dan witir akan dilakukan sebanyak 23 rokaat. Dalam pelaksanaan sholat sunnah tersebut, imam sholat akan menerapkan pembacaan satu juz per malam.

Baca Juga

Dengan demikian, selama satu bulan penuh Ramadhan, masjid megah kebanggaan masyarakat Kabupaten Indramayu itu akan mengkhatamkan 30 juz Alquran.

“Ya sesuai hasil rapat pengurus, sholat tarawih dan witir di Masjid Islamic Center Indramayu akan menerapkan satu juz per malam,’’ ujar Wakil Sekretaris Islamic Center Indramayu, Ahmad Syadali, kepada Republika.co.id, Kamis (31/3/2022).

Syadali menambahkan, sebelum pelaksanaan tarawih, akan dilakukan kultum terlebih dahulu. Kultum tersebut akan disampaikan oleh para ustadz yang sudah terjadwal. “Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, akan diadakan qiyamul lail,” terang Syadali.

Selain itu, lanjut Syadali, Masjid Islamic Center juga tetap menggelar kegiatan pengajian rutin. Yakni, berupa kajian kitab kuning, kitab Ihya Ulumuddin, tafsir al-Jalalin dan kitab fikih Madzhab al-Arba’ah. 

“Namun, pengajian rutin yang semula digelar bakda Magrib, dipindah ke bakda Subuh,’’ tutur Syadali.

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki total luas lahan 12 hektare. Untuk lantai satu masjid yang mencapai luas 860 meter persegi, mampu menampung 1.250 jamaah. Sedangkan lantai dua seluas 737 meter persegi, bisa menampung 1.000 jamaah. Jumlah itu belum termasuk halaman dan selasar masjid.

Sekilas, Masjid Islamic Center Indramayu mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid megah itu diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pada peringatan malam Nuzulul Quran, Jumat, 17 Ramadhan 1439 Hijriah atau 1 Juni 2018.

Beberapa hari setelah itu, Presiden RI, Joko Widodo, juga melaksanakan sholat tarawih di masjid tersebut, di sela kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Barat.