Kamis 17 Mar 2022 22:59 WIB

Y20 akan Bahas Persoalan Ketenagakerjaan Pemuda di Pra-KTT

Y20 akan fokus pada upaya pemuda dalam pemulihan dunia dari Covid-19

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rahayu Saraswati. Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 akan menyelenggarakan Pre-Summit atau Pra-KTT di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 19-20 Maret 2022 mendatang. Pada kesempatan tersebut para delegasi Y20 akan menggelar talkshow mengenai Ketenagakerjaan Pemuda.
Foto: Dok Istimewa
Rahayu Saraswati. Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 akan menyelenggarakan Pre-Summit atau Pra-KTT di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 19-20 Maret 2022 mendatang. Pada kesempatan tersebut para delegasi Y20 akan menggelar talkshow mengenai Ketenagakerjaan Pemuda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 akan menyelenggarakan Pre-Summit atau Pra-KTT di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 19-20 Maret 2022 mendatang. Pada kesempatan tersebut para delegasi Y20 akan menggelar talkshow mengenai Ketenagakerjaan Pemuda.

"Topik Ketenagakerjaan Pemuda merupakan sesuatu yang penting untuk didiskusikan bersama. Pemuda memiliki andil besar dalam upaya pemulihan dunia, khususnya akibat pandemi Covid-19," ujar Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, dalam siaran pers, Kamis (17/3/2022).

Menurut dia, dalam dua tahun terakhir para pemuda telah dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah dihadapi sebelumnya. Namun, kata dia, kekuatan dalam empati, kreativitas, inovasi, dan ketahanan telah membawa mereka sejauh ini. Rahayu melihat tidak ada yang bisa memungkiri pemuda memiliki andil besar dalam upaya pemulihan Covid-19.

Rahayu juga menuturkan, dampak pandemi Covid-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20. Dia juga mengatakan, masalah ketenagakerjaan muda juga sudah ada sebelum pandemi, seperti pengangguran hingga penurunan permintaan tenaga kerja.

"Pandemi tidak hanya merusak peluang kerja, namun mendorong para pemuda ke pekerjaan dengan kualitas lebih rendah serta menghambat jalur masuk bagi pencari kerja pertama kali. Transisi dari jenjang sekolah ke dunia kerja penuh dengan banyak kesulitan dengan ditandai pekerjaan bergaji rendah, berstatus rendah, dan tidak stabil," kata Rahayu.

Sementara itu, Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar, menyampaikan, Pra-KTT di Palembang akan diikuti oleh delegasi dari Indonesia dan perwakilan pemuda anggota G20. Michael menambahkan, terdapat subtema yang juga akan dibahas saat talkshow, yakni mengenai Jaring Pengaman Sosial untuk Pekerja di Sektor Informal dan Non- Standar Kewirausahaan Sosial Pemuda.

"Saya mengajak para delegasi Y20 untuk berpikir tentang perubahan nyata dan kontinuitas. Saya juga berharap dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,c ujar Michael.

Selain di Palembang, Michael menyampaikan, Pra-KTT juga akan diselenggarakan di sejumlah kota lain di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Barat, Balikpapan, dan Manokwari. Sedangkan puncak KTT Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Y20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20. Hasil dari KTT Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué.

Konferensi Y20 pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010. Selanjutnya, tuan rumah penyelenggara berganti setiap tahunnya berdasarkan lokasi Presidensi G20 berlangsung. Tahun ini, Y20 yang diselenggarakan di Indonesia mengusung tema "Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca Covid-19".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement