Selasa 15 Mar 2022 12:50 WIB

Fitur-Fitur Baru di Update Telegram

Ada pengelola unduhan baru, antarmuka yang didesain ulang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram. Pengguna aplikasi pesan Telegram menyambut pembaruan yang mencakup beberapa fitur baru.
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram. Pengguna aplikasi pesan Telegram menyambut pembaruan yang mencakup beberapa fitur baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengguna aplikasi pesan Telegram menyambut pembaruan yang mencakup beberapa fitur baru. Di antara fitur yang dihadirkan adalah pengelola unduhan baru, antarmuka yang didesain ulang untuk aplikasi Android, pratinjau untuk album media, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur yang terpenting, yaitu tautan nomor telepon. Anda selalu dapat membuat nama pengguna di Telegram dan membagikan tautan t.me/nama pengguna Anda agar orang lain dapat menemukan Anda tanpa nomor telepon Anda.

Baca Juga

Nama pengguna ini bersifat publik dan memungkinkan orang menemukan Anda dalam pencarian global. Pembaruan sekarang memungkinkan Anda untuk membagikan tautan t.me langsung ke nomor telepon Anda yang langsung membuka obrolan dengan Anda.

Format tautan adalah t.me/+123456789 dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional. Tentu saja, tautan hanya akan berfungsi jika pengaturan privasi Anda memungkinkan orang lain menemukan Anda melalui nomor telepon Anda. Jadi pada dasarnya, tautan ini tidak akan membuat Anda dapat dicari oleh siapa pun tetapi tetap memungkinkan mereka yang memiliki nomor telepon Anda untuk menghubungi Anda dengan lebih mudah.

Selain itu, Telegram juga memperkenalkan pengelola unduhan baru. Saat file sedang diunduh secara aktif, ikon baru akan muncul di bilah pencarian. Anda dapat mengetuk ikon atau membuka tab “Unduhan” di Penelusuran untuk melihat, menjeda, melanjutkan, dan memprioritaskan unduhan.

Dilansir Android Authority, Selasa (15/3/2022), saat mengirim banyak foto, kini Anda dapat melihat pratinjau album media dan mengatur ulang atau menghapus item sebelum mengirimkannya. Aplikasi Android Telegram juga mendapatkan penyegaran dengan efek transparansi baru. Dalam Mode Malam, panel dan header sekarang akan memiliki tampilan transparan yang halus, membuat latar belakang obrolan, stiker, dan file media lebih menonjol.

Fitur baru lainnya yang datang adalah dukungan untuk streaming langsung. Pembaruan ini akan memungkinkan Anda menyiarkan dari alat streaming seperti OBS Studio dan XSplit Broadcaster untuk menambahkan overlay dan tata letak multi-layar dengan mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement