Kamis 03 Mar 2022 15:25 WIB

Isayama Fokus Kerjakan Karya Baru Setelah AoT Selesai

AoT Final Season Part 2 sudah tayang sejak Januari 2022.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Manga Attack on Titan
Foto: Appszone
Manga Attack on Titan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Anime Attack on Titan Final Season Part 2 akan berakhir di 2022 ini. Bahkan, manganya yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama tersebut juga sudah berakhir dengan dirilisnya volume terakhir yakni volume 34 di Oktober 2021.

Penggemar seri tersebut pun saat ini bertanya-tanya apakah Isayama memiliki cerita lain atau akan melanjutkan seri AoT. Isayama pun menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah interview yang dilakukan oleh VF.

Dari situ, penggemar mengetahui bahwa Isayama sedang memikirkan sebuah karya baru. Isayama mengatakan ia akan fokus untuk melangkah ke depan dengan mengerjakan karya barunya.

Namun, Isayama tidak merinci karya yang akan dikerjakan. Dengan begitu, belum dapat dipastikan apakah Isayama akan kembali untuk mengerjakan manga atau mengerjakan proyek lainnya, seperti yang dilansir dari ComicBook, Rabu (2/3/2022) waktu setempat.  

Meskipun, sebelumnya Isayama juga sempat menyebut bahwa ia ingin istirahat setelah proyek AoT selesai, baik manga maupun versi animenya. Sebab, Isayama tidak hanya mengerjakan manga AoT sebelumnya, namun ia juga terlibat dalam pembuatan anime AoT yang masih tayang saat ini.

Penggemarnya pun berharap Isayama kembali untuk mengerjakan manga. Pasalnya, manga AoT sendiri dianggap sebagai karya klasik bagi banyak pembaca manga saat ini.

Bahkan, anime AoT juga dinilai membantu memulihkan fandom global setelah kemerosotan anime sebelumnya. Hal itu membuat dunia manga maupun anime saat ini menjadi industri besar tidak hanya di Jepang, namun mancanegara.

Saat ini, anime AoT tengah memasuki babak akhir dengan sedang tayangnya season keempat yakni AoT Final Season Part 2. Penggemar pun terus mengikuti bagaimana seri ini berjalan ketika episode baru dirilis tiap pekannya.

Seperti diketahui, AoT Final Season Part 2 sudah tayang sejak Januari 2022. Final season dari anime ini dikerjakan oleh Studio MAPPA, termasuk final season part 1 yang tayang pada Desember 2022 lalu.

Awalnya, versi anime dari AoT digarap oleh Wit Studio. Wit Studio sendiri mengerjakan season pertama hingga season ketiga.

Season pertama anime ini tayang perdana pada April 2013 dan season keduanya ditayangkan pada April 2017. Pada season ketiga, juga dibagi menjadi dua bagian (part 1 dan part 2) yakni bagian pertama ditayangkan pada Juli 2018 dan bagian kedua ditayangkan pada April 2019.

Sementara itu, versi manga AoT mulai diluncurkan di Bessatsu Shōnen Magazine sejak 2009 dan dipublikasikan oleh penerbit karya sastra dan anime Jepang yakni Kodansha. Kodansha juga sudah mempublikasikan manga AoT berbahasa Inggris baik dalam bentuk digital maupun cetak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement