Sabtu 26 Feb 2022 16:15 WIB

Perbankan Syariah Bangkit kembali di Afrika Selatan

Perbankan syariah di Afrika Selatan saat ini sedang menikmati kebangkitannya.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim di Cape Town, Afrika Selatan. Perbankan Syariah Bangkit kembali di Afrika Selatan
Foto: guardian.co.uk
Umat Muslim di Cape Town, Afrika Selatan. Perbankan Syariah Bangkit kembali di Afrika Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,  CAPE TOWN -- Perbankan syariah di Afrika Selatan saat ini sedang menikmati kebangkitan yang luar biasa. Masyarakat Afrika Selatan menilai perbankan syariah memiliki pendekatan keuangan Islam yang stabil dan bermoral.

Sebelumnya ditekan di bawah Apartheid perbankan Islam memiliki awal yang goyah di Afrika Selatan ketika Jaame Limited, bank Islam pertama di Afrika Selatan, diluncurkan pada 1980, tetapi segera setelah itu jatuh dan bangkrut.

Baca Juga

Pada akhir 2014, perbendaharaan Afrika Selatan mengeluarkan rekor Sukuk 500 juta dolar AS yang pertama, berharap untuk memanfaatkan pendanaan dari pasar modal cair Teluk Arab dan Asia Tenggara dan mengubah pelabuhan, jalan, rumah sakit, dan sekolah negara itu.

“Sebelum dana Sukuk mengambang, ada kepercayaan umum bahwa produk perbankan syariah di Afrika Selatan hanya ditujukan untuk Muslim Afrika Selatan. Ini tidak benar,” kata teknolog Afrika, pembicara TEDx, dan Muslim yang taat, Yasin Kakande.

Dua puluh lima persen dari semua investasi Syariah yang dipegang oleh Old Mutual (bank investasi terbesar di Afrika Selatan) dipegang oleh non-Muslim. Di atas kertas, ini menjadikan Afrika Selatan salah satu negara dengan jumlah non-Muslim tertinggi yang memegang investasi Syariah di luar dunia Muslim.

Muslim membentuk hingga tiga persen  dari 60 juta populasi Afrika Selatan yang kuat, dan Muslim memiliki sejarah dan kehadiran yang bertingkat di Afrika Selatan, dimulai pada tahun 1600-an ketika Perusahaan Hindia Timur Belanda mulai mengangkut budak, pembangkang politik, dan tahanan ke Tanjung Barat Afrika Selatan. Selain itu, Masjid Nizamiye , yang terletak di Johannesburg – ibukota komersial Afrika Selatan – diyakini sebagai Masjid terbesar di sub-Sahara Afrika.

Secara keseluruhan, Afrika memiliki basis pelanggan yang sehat dari 350 juta penduduk yang tidak memiliki rekening bank. Menurut proyeksi Ernst and Young, pada 2021, 150 juta dari kumpulan yang tidak memiliki rekening bank itu akan tertarik ke perbankan ritel yang sesuai dengan Syariah dan Fintech Islam, di sebuah benua di mana investor Teluk Arab seperti UEA telah membajakb11 miliar dolar AS sejak 2016.

Di puing-puing Jaame Limited yang sudah tidak beroperasi, sekarang selusin bank Afrika Selatan sekarang dengan bangga menawarkan beragam produk investasi Islam.

Jadi apa yang menarik minat Afrika Selatan pada perbankan Islam?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement