Jumat 25 Feb 2022 16:09 WIB

Presiden Ukraina: Kelompok Sabotase Musuh Telah Masuki Kiev

Zelenskyy mengatakan telah mengidentifikasi saya sebagai target nomor satu

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

KIEV --  Presiden Ukraina pada Jumat (25/2/2022) mengatakan bahwa "kelompok sabotase musuh" telah memasuki ibu kota Kyiv dan meminta masyarakat untuk berhati-hati dan mengikuti aturan jam malam.

Dalam pesan video di Facebook, Volodymyr Zelenskyy mengatakan tentara Ukraina telah berhasil melindungi hampir seluruh wilayah.

Pernyataan presiden dikutip kantor berita resmi Ukraina Ukrinform. 

Zelenskyy juga mencatat perebutan kembali bandara Hostomel di wilayah Kyiv dari pasukan Rusia.

137 orang tewas

Menurut data awal, setidaknya 137 orang yang terdiri dari tentara dan warga sipil tewas pada hari pertama serangan Rusia, tambahnya.

Zelenskyy mengatakan dia tetap berada di lingkungan pemerintah.

“Menurut informasi kami, musuh telah mengidentifikasi saya sebagai target nomor satu. Keluarga saya adalah target nomor dua.

"Mereka ingin menghancurkan Ukraina secara politik dengan menghancurkan kepala negara," tambahnya.

Tidak takut membicarakan status netral dengan Rusia

Mengacu pada panggilan teleponnya dengan para pemimpin, Zelenskyy mengatakan: “Kami sendirian untuk membela negara kami. Siapa yang akan bertarung bersama kita sekarang? Sejujurnya, saya tidak melihat siapa pun."

“Kami tidak takut untuk berbicara tentang status netral dengan Rusia,” katanya, menanyakan jaminan keamanan seperti apa yang akan dimiliki Ukraina.

“Siapa yang siap menjamin Ukraina bergabung dengan NATO? Semua orang takut,” tambahnya.

Zelenskyy juga menunjukkan bahwa Moskow telah mengirim pesan bahwa mereka sedang bernegosiasi.

"Mereka ingin berbicara tentang status netral Ukraina," katanya. “Nasib negara kita sekarang sedang ditentukan.”

“Saya bertanya kepada mereka, ‘Apakah Anda bersama kami?’ Mereka mengatakan mereka bersama kami, tetapi mereka tidak siap untuk menerima kami di NATO. Mereka semua takut,” katanya.

“Nasib negara tergantung pada tentara kita dan pasukan keamanan kita.”

Zelenskyy mengatakan bahwa Rusia kehilangan sekitar 30 tank, sekitar 130 kendaraan lapis baja, tujuh pesawat dan enam helikopter.

Krisis Donbas dan intervensi militer Rusia

“Revolusi Maidan” Februari 2014 di Ukraina menyebabkan mantan Presiden Viktor Yanukovych melarikan diri dari negara itu dan pemerintah pro-Barat berkuasa.

Itu diikuti oleh Rusia secara ilegal mencaplok wilayah Krimea dan separatis mendeklarasikan kemerdekaan di wilayah Donetsk dan Luhansk di Donbas di Ukraina timur, yang keduanya memiliki populasi etnis Rusia yang besar.

Ketika bentrokan meletus antara pasukan separatis yang didukung Rusia dan tentara Ukraina, Perjanjian Minsk 2014 dan 2015 ditandatangani di Moskow setelah intervensi kekuatan Barat.

Konflik, bagaimanapun, mendidih selama bertahun-tahun dengan pelanggaran gencatan senjata terus-menerus.

Hingga Februari 2022, sekitar 14.000 orang telah tewas dalam konflik di Ukraina timur.

Ketegangan mulai meningkat akhir tahun lalu ketika Ukraina, AS dan sekutunya menuduh Rusia mengumpulkan puluhan ribu tentara di perbatasan dengan Ukraina.

Mereka mengklaim bahwa Rusia sedang bersiap untuk menyerang tetangga baratnya, tuduhan yang secara konsisten ditolak oleh Moskow.

Menentang ancaman sanksi oleh Barat, Moskow secara resmi mengakui Donetsk dan Luhansk sebagai negara merdeka awal pekan ini, diikuti dengan dimulainya operasi militer di Ukraina pada Kamis.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan operasi itu bertujuan untuk melindungi orang-orang yang “menjadi sasaran genosida” oleh Kyiv dan untuk “demiliterisasi dan de-Nazifikasi” Ukraina, sambil menyerukan tentara Ukraina untuk meletakkan senjatanya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/presiden-ukraina-kelompok-sabotase-musuh-telah-masuki-kyiv/2514150
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement