REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Bank BJB berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama di Indonesia, yang melakukan sertifikasi ISO 20000 dan ISO 27001 secara bersamaan. Piagam MURI diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI Ngadri kepada Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi di sela acara kerja sama IT antara Bank BJB dengan PT DCI, AWS, dan Alibaba di Kantor PT DCI, Karawang, Bekasi, Rabu (23/2).
Penyerahan Piagam MURI disaksikan langsung oleh PT DCI Indonesia Toto Sugiri, Direktur Utama PT Proxsis Global Solusi Andrianto Moeljono, Direktur Information Technology Treasury and International Banking Bank BJB Rio Lanasier, dan Direktur Operasional Bank BJB Tedi Setiawan.
Senior Manager MURI Ngadri menjelaskan, perlu diakui bahwa Bank BJB berhasil menunjukkan prestasinya dalam menyatatkan Rekor MURI sebagai BPD yang menerapkan sertifikasi ISO 20000 dan 27001 secara bersamaan. Diakui dia, prestasi Bank BJB patut dicontoh oleh pihak lain, untuk tidak berhenti dalam mendulang prestasi.
‘’Rekor MURI ini harus menjadi motivasi untuk semua pihak agar tidak berhenti berprestasi,’’ ujar Ngadri seusai menyerahkan Piagam MURI di Bekasi, Rabu (23/2). Diakui dia, ada BPD yang sudah mengantongi sertifikasi serupa, namun tidak diraih secara bersamaan. Jika dilakukan secara bersamaan, tutur dia, baru Bank BJB yang melakukannya.
Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi menjelaskan, sertifikasi ISO 20000 dan 27001 merupakan bukti komitmen Bank BJB dalam mendukung transformasi teknologi. Selain itu, lanjut dia, Bank BJB juga mampu membuktikan keseriusannya dalam menerapkan strategi digital enablement dalam melakukan transformasi digital.
Digital enablement, tegas Yuddy, merupakan langkah untuk mendukung transformasi digital Bank BJB, dalam rangka mengadopsi teknologi yang kokoh dan up-to-date. ‘’Kami tidak henti untuk berinovasi dalam teknologi, khususnya dalam menyediakan layanan digital banking,’’ ujarnya.
Melalui sertifikasi ISO 20000 dan ISO 27001, pihaknya mampu menunjukkan komitmen yang kuat kepada nasabah dalam memberikan layanan terbaik. Tentunya, sambung dia, layanan kepada nasabah yang didukung dengan keamanan informasi, yang terstandarisasi dalam aspek confidentiality, integrity dan availability di dalam penggunaan layanan digital banking.
Disebutkan Yuddy, standarisasi ISO 20000 dan ISO 27001 Bank BJB berfokus dalam produk layanan digital banking. Di antaranya bjb DIGI dan DigiCash. Ke depannya, proses standarisasi ISO 20000 dan ISO 27001 ini akan diterapkan kepada layanan lainnya di Bank BJB.