Selasa 15 Feb 2022 14:13 WIB

Tower Bersama Terbitkan Obligasi Rp 2,2 Triliun

Dana hasil penerbitan obligasi ini untuk keperluan pelunasan sebagian utang.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Logo PT Tower Bersama Infrastucture Tbk
Foto: tower-bersama.com
Logo PT Tower Bersama Infrastucture Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk (TBIG) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 2,2 triliun. Obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) V yang total emisinya mencapai Rp 15 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa, TBIG sebelumnya sudah menerbitkan obligasi sebesar Rp 2,65 triliun. Kali ini, TBIG kembali menerbitkan obligasi senilai Rp 2,2 triliun untuk keperluan pelunasan sebagian utang.

Baca Juga

Adapun nilai pokok obligasi yang ditawarkan perseroan terbagi dalam dua seri. Seri A memiliki jumlah pokok obligasi sebesar Rp 1,7 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 3,75 persen per tahun dengan tenor 370 hari sejak tanggal emisi.

Sementara seri B memiliki jumlah pokok obligasi sebesar Rp 500 miliar Rupiah. Tingkat bunga yang ditetapkan untuk seri B ini tetap sebesar 5,90 persen per tahun yang berjangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Dana yang diperoleh dari hasil PUB Obligasi ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipinjamkan oleh Perseroan kepada PT Tower Bersama (TB) untuk melunasi sebagian kewajiban keuangan TB, terkait dengan fasilitas pinjaman revolving dalam 275 juta dolar AS Facility Agreement tertanggal 20 Januari 2021 yang akan dibayarkan kepada para kreditur melalui United Oversea s Bank Ltd. sebagai Agen.

PUB V ini memiliki peringkat AA+(idn) (Double A Plus) dari Fitch. Obligasi dengan peringkat ini masuk dalam kategori peringkat layak investasi berdasarkan standar yang dimiliki oleh perusahaan pemeringkat efek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement