Ahad 30 Jan 2022 23:01 WIB

Sapi Ternak Warga Sampang Terserang Virus BEF

Matinya sapi milik warga di Desa Kara tersebut memang disebabkan oleh penyakit.

Sapi Ternak Warga Sampang Terserang Virus BEF (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Sapi Ternak Warga Sampang Terserang Virus BEF (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SAMPANG -- Sapi ternak milik warga Sampang, Jawa Timur, dilaporkan banyak yang mati akibat terserang virus bovineepimeralfever (BEF), yakni salah satu jenis penyakit virus arbo yang penularannya melalui vektor nyamuk.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta-KP) Pemkab Sampang Suyono, sapi ternak warga yang mati akibat virus tersebut awalnya terjadi di salah satu dusun di Desa Kara, Kecamatan Torjun. "Saat ini, sudah menyebar ke dusun lainnya, dan sudah meluas desa-desa sekitarnya," katanya, Ahad (30/1/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan, pihaknya telah menerjunkan tim khusus ke lokasi, termasuk sejumlah dokter hewan untuk mendalami kasus penyakit hewan ini. Menurut Suyono, berdasarkan hasil laporan sementara, matinya sapi milik warga di Desa Kara tersebut memang disebabkan oleh penyakit akibat serangan virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk kandang culex sp.

"Nama penyakitnya, yaitu penyakit BEF. Ada juga yang menyebut dengan virus BEF," katanya, menjelaskan.

Suyono menuturkan, sebelumnya serangan penyakit tersebut sudah pernah ada di Kabupaten Sampang dan di tiga kabupaten lain di Pulau Madura. "Tapi, yang terjadi kala itu, hanya mengakibatkan hewan ternak sapi mengalami sakit biasa dan sembuh ketika dilakukan penanganan dengan memberikan suntikan vitamin," katanya.

Yang terjadi saat ini, sambung dia, justru menyebabkan kematian pada sapi. "Yang sampai mati, ya baru-baru ini. Kalau sebelumnya, hanya sakit biasa dan ketika diberi suntikan vitamin, sapi itu sembuh dan itu dilaporkan di beberapa daerah, seperti Kecamatan Ketapang," katanya.

Kepala Disperta-KP Pemkab Sampang Suyono menjelaskan untuk mencegah penyebaran virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini, pihaknya meminta para peternak agar rajin membersihkan area kandang dan sekitarnya, termasuk rajin melakukan 3M, sebagaimana mengantisipasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang juga disebabkan oleh gigitan nyamuk.

"3M itu maksudnya, rajin menguras air mandi secara berkala, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air," katanya, menjelaskan.

Sementara, akibat serangan virus BEF pada sapi ternak tersebut, para peternak sapi di Desa Kara dan di beberapa desa lain di Sampang mengaku rugi puluhan juta rupiah. "Kalau sapi ini kan modalnya banyak, minimal Rp10 juta, berbeda dengan kambing," kata Sanirin, salah seorang peternak sapi di Desa Kara, yang sapinya juga mati akibat virus BEF itu.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement