Selasa 18 Jan 2022 16:34 WIB

Dinas PUPR Depok Lakukan Normalisasi Situ Cilodong 

Normalisasi ini bisa mengembalikan fungsi situ secara maksimal. 

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Prajurit Kostrad bahu membahu membersihkan Situ Cilodong.
Foto: Penkostrad
Prajurit Kostrad bahu membahu membersihkan Situ Cilodong.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Upaya normalisasi Situ Cilodong terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. Termasuk dengan cara manual menggunakan kubus apung HDPE.

"Kami terjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan pembersihan Situ Cilodong secara manual dan dibantu dengan kubus apung HDPE guna menjangkau sampah yang berada di tengah situ," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Selasa (18/1). 

Setelah sampah terkumpul di pinggir, katanya, kemudian diangkut menggunakan mobil dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Menurut dia, kegiatan ini rutin dilakukan selama alat berat belum bisa ditempatkan di Situ Cilodong. 

 

 

photo
Situ Cilodong - (depok-wisata.blogspot.com)

 

Untuk lama pengerjaan, pihaknya tidak bisa memastikan karena memasuki musim hujan sehingga sampah tidak bisa diprediksi. "Alat berat kami terbatas jumlahnya, jadi selama masih ditempatkan di situ lain, kami memaksimalkan Satgas yang ada. Meski manual, kami melengkapi petugas dengan alat keselamatan," ujarnya. 

Dia berharap, normalisasi ini bisa mengembalikan fungsi situ secara maksimal. Terlebih, saat ini, memasuki musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

"Kami harap masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air sekitar. Sehingga diharapkan, tidak terjadi banjir akibat luapan situ," harap Citra. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement