Selasa 11 Jan 2022 21:34 WIB

Pemkot Batam Siapkan Agenda Pariwisata 2022

Agenda pariwisata lebih pada acara yang terorganisir oleh swasta dan pemerintah.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Pengunjung berjalan di kawasan wisata Pantai Bale Bale, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/10/2021). Pemkot Batam menyiapkan agenda pariwisata 2022 guna menarik wisatawan.
Foto: Antara/Teguh Prihatna
Pengunjung berjalan di kawasan wisata Pantai Bale Bale, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/10/2021). Pemkot Batam menyiapkan agenda pariwisata 2022 guna menarik wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan ratusan agenda pariwisata sepanjang 2022 untuk memikat kunjungan pelancong dari dalam dan luar negeri.

"Kami menyiapkan banyak sekali agenda, setiap bulan ada," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga

Agenda pariwisata yang digelar pada 2022, kata dia, lebih utama pada pendekatan acara yang terorganisir oleh swasta dan pemerintah. Sambil menunggu pembukaan perbatasan antarnegara, Pemkot Batam masih fokus pada kunjungan wisatawan Nusantara.

Dari seluruh agenda pariwisata yang digelar sepanjang 2022, menurut Ardiwinata, yang paling unggul adalah Kenduri Seni Melayu yang rencananya digelar pada September 2022. Pada tahun-tahun sebelumnya, gelaran Kenduri Seni Melayu masuk dalam agenda pariwisata nasional. Namun, pada tahun ini, Ardi mengaku masih menunggu kabar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Sebenarnya semuanya unggulan, tapi yang paling itu adalah Kenduri Seni Melayu," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia menjabarkan, pada Januari di antaranya akan digelar Lomba Ikan Louhan dan SASITA charity, pada Februari Batam Rally Ocean Food Festival, Pekan Anak Indonesia, Gowes Jelajah Pulau, dan Tering Bay Spin Golf Serries, serta Maret Lomba Cipta Lagu Melayu, Gebyar Golf dan UMKM Goes to Kepri, Pariwisata Indonesia Aman dan Batam Kepri memasak.

Lalu pada April digelar Korean Market, Malaysia Market, Singapore Market, dan Tering Bay Ramadhan Charity. Mei ada Jambore Campervan Regional Sumatra, PPR Festival, dan Carnival Tourism II, serta Juni diselenggarakan Festival Belakangpadang, TB-SSG International Amateur Championship, dan Korean Market.

Kemudian pada Juli digelar Soccer Kids Festival, Palm Springs Junior Opens, ASEAN Master, dan 1st ASITA Sijori Golf International Cup, Pada Agustus diadakan ASTINDO Joybike Hoping Island, Sumiden Cup, Marathon 10 K, dan Pameran Destinasi Wisata Bahari Kepri serta pada September Kenduri Seni Melayu, dan Mandi Shafar. Pada Oktober diadakan perayaan Hari Jadi Museum Batam Raja Ali Haji, Sumiden Cup, Nongsa Cup, dan Kepri Vacation Expo Jilid II, November diadakan IPI Travel Mart 2022, Japanese Prefecture Golf Tournament, dan Batam-Bintan Treasure Hunt Challange, serta di Desember diadakan Palm Springs Open, Paguyuban Nusantara, dan Year End Golf Tournament.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement