Senin 20 Dec 2021 13:53 WIB

IHYA 2021 Bagi Perusahaan Pengekspor Produk Halal Terbaik

Indonesia sudah harus menjadi pusat produksi halal dunia di 2024.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 memberikan penghargaan kepada 14 pemenang atas peran aktifnya dalam memajukan pengembangan industri halal di Indonesia.
Foto: Istimewa
Ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 memberikan penghargaan kepada 14 pemenang atas peran aktifnya dalam memajukan pengembangan industri halal di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 memberikan penghargaan kepada 14 pemenang atas peran aktifnya dalam memajukan pengembangan industri halal di Indonesia. Para pemenang memperoleh penghargaan dalam tujuh kategori yang penyerahannya disaksikan langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Jakarta akhir pekan lalu.

“Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo, Indonesia sudah harus menjadi pusat produksi halal dunia di 2024. Hari ini saya menyaksikan banyak inovasi muncul dari individu, pengusaha, akademisi, dan perusahaan, pertanda bahwa industri halal Indonesia akan tumbuh dan cita-cita menjadi pusat halal dunia akan bisa terwujud,” ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

Wapres berharap IHYA 2021 semakin mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas seluruh insan industri halal Indonesia. “Kita menantikan sumbangsih yang lebih besar demi mewujudkan visi pusat indonesia halal dunia, indonesia sehat, dan ekonomi kuat,” kata dia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengharapkan agar para penerima IHYA 2021 dapat berkontribusi terhadap upaya menghidupkan, membangkitkan, dan memperkuat ekosistem ekonomi syariah secara umum dan industri halal secara khusus. “Harapan kami, IHYA 2021 menjadi langkah awal kita bersama dalam rangka membangun ekosistem industri halal nasional, menaikkan reputasi industri lokal, dan meningkatkan daya saing industri nasional di tingkat global,” tuturnya.

IHYA 2021 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi Kemenperin untuk menjaring pelaku industri halal dan mengukur kekuatan industri halal di dalam negeri. Selain itu, IHYA 2021 juga merupakan bentuk apresiasi kepada para pihak industri baik kecil maupun besar yang telah berjuang mempertahankan industri halal bahkan mampu mengembangkannya lebih optimal ke kancah global. 

Salah satu kategori dalam IHYA 2021 adalah Best Export Expansion yang diperoleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk karena mampu mengekspor Rp 351 miliar produk halal pada tahun 2020. Angka itu meningkat 139 persen dibanding tahun sebelumnya. Penghargaan diterima oleh Agus Heru Darjono sebagai Corporate Strategic Initiative Director.

Agus menganggap penghargaan ini sebagai sebuah pengakuan yang luar biasa bagi Darya-Varia. Penghargaan menjadi pemantik semangat untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis perusahaan di industri halal. "Sehingga kami terus dapat menyediakan produk-produk kesehatan yang berkualitas terbaik serta halal untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan global,” kata dia.

Hingga saat ini, produk-produk perusahaan yang dipasarkan di dalam negeri dan diekspor telah memiliki sertifikat halal. Selain itu, seluruh pabrik juga telah menerapkan Sistem Jaminan Halal. Produk-produk yang meliputi obat dan suplemen kesehatan itu diekspor ke negara-negara kawasan Asia Tenggara dan Timur seperti Uni Emirat Arab, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement