Rabu 20 Oct 2021 20:37 WIB

PBB: Produksi Bahan Bakar Fosil Diprediksi akan Melonjak 

Produksi bahan bakar fosil bisa mencegah tercapainya target kenaikan suhu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Produksi minyak dunia (ilustrasi).
Foto:

 

Laporan tersebut memprofilkan 15 negara produksi utama termasuk Australia, Rusia, Arab Saudi, AS, dan Inggris. Sebagian besar pemerintah terus memberikan dukungan kebijakan yang signifikan untuk produksi bahan bakar fosil.

"Penelitiannya jelas: produksi batu bara, minyak, dan gas global harus mulai menurun segera dan tajam agar konsisten dengan membatasi pemanasan jangka panjang hingga 1,5 derajat Celcius," kata Ploy Achakulwisut, penulis utama laporan dari Stockholm Environment Institute.

"Namun, pemerintah terus merencanakan dan mendukung tingkat produksi bahan bakar fosil yang jauh melebihi apa yang dapat kita bakar dengan aman," tambahnya.

Sementara negara-negara telah mencurahkan jauh lebih banyak dari pengeluaran pemulihan mereka setelah pandemi Covid untuk kegiatan bahan bakar fosil, ada beberapa hal positif dalam hal pembiayaan.

Pendanaan untuk minyak, batu bara dan gas dari bank multilateral telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan juga dari beberapa negara kaya.

"Laporan ini menunjukkan, sekali lagi, kebenaran yang sederhana namun kuat. Kita perlu berhenti memompa minyak dan gas dari tanah jika kita ingin memenuhi tujuan Perjanjian Paris," kata Andrea Meza, menteri lingkungan dan energi Kosta Rika.

Menurut Meza, kita harus memotong dengan kedua tangan, menangani permintaan dan pasokan bahan bakar fosil secara bersamaan. 

 

"Itulah sebabnya, bersama dengan Denmark, Kosta Rika memimpin pembentukan Beyond Oil and Gas Alliance untuk mengakhiri ekspansi ekstraksi bahan bakar fosil, rencanakan transisi yang adil bagi pekerja dan mulai hentikan produksi yang ada dengan cara yang terkelola," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement