Sabtu 16 Oct 2021 22:53 WIB

Erick Thohir: Pertamina Targetkan Bangun 10 Ribu Pertashop

Menurut Erick, Pertashop bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan kerja di Lampung, Sabtu (16/10).
Foto:

Menurut dia, Pertashop juga dapat meningkatkan industri nasional karena seluruh komponennya buatan dalam negeri, meningkatkan TKDM, dan menyerap tenaga kerja. Masyarakat di desa bisa diperkerjakan, dan dapat Gubernur Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut baik percepatan implementasi Pertashop yang dapat mendukung program kesejahteraan petani seperti smart village dan Kartu Petani Berjaya.

"Pertashop dapat memperkuat perekonomian masyarakat desa berupa penyerapan tenaga kerja dan pembentukan sentra ekonomi baru di desa-desa," kata Arinal.

Gubernur mengatakan, di Lampung telah ada BUMdes Trimulyo berada di Lampung Barat yang memiliki nilai transaksi mencapai 300 juta per hari, dan BUMDes Bratasena di Tulangbawang dengan nilai transaksi mencapai 400 juta rupiah per hari.

Dia yakin Pertashop dapat bersinergisitas dan kolaborasi yang baik antara BUMDes dengan program Pemprov Lampung seperti smart village, Desa Mart, Kartu Petani Berjaya, program E-Samdes untuk pelayanan pembayaran pajak di desa-desa.

 

Adapun program E-Samdes yang bekerjasama dengan BUMDes di Provinsi Lampung sudah ada di 26 desa di 13 kabupaten sebagai pilot projek dan berhasil. "BUMDes dapat membantu pemerintah dalam penyaluran Pupuk, KUR, dan pemasaran hasil produksi pertanian agar tepat guna, sasaran dan tepat waktu," ujar Arinal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement