Kamis 30 Sep 2021 07:40 WIB

Peringatan Bagi Kaum yang Suka Curang dalam Berniaga

Perbuatan curang bisa menjadi sebab suatu kaum tertimpa malapetaka.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Peringatan Bagi Kaum yang Suka Curang dalam Berniaga
Peringatan Bagi Kaum yang Suka Curang dalam Berniaga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berhati-hatilah dalam berniaga. Jangan hanya untuk memperoleh keuntungan lalu berbuat curang dengan mengurangi timbangan dari barang yang dijual.

Begitupun dalam bidang lainnya semisal jasa konstruksi bangunan. Jangan sampai berbuat curang dengan melakukan penggelembungan (mark up) anggaran, dan menurunkan atau mengurangi kualitas material bahan bangunan dan lainnya. 

Baca Juga

Atau misal dalam proses penerimaan siswa, seleksi pegawai negeri dan lainnya, janganlah berbuat curang dengan menerima atau memberi suap.  Sebab sejatinya perbuatan-perbuatan curang semacam itu bisa menjadi sebab suatu kaum tertimpa malapetaka. 

Dalam kitab at Targib wat Tarhib dituliskan sebuah hadits nabi Muhammad ﷺ yang menjelaskan sebuah peringatan perbuatan curang dengan mengurangi timbangan atau sejenisnya itu dapat mendatangkan kemarau berkepanjangan. Bahkan kaum yang sering berbuat curang dengan mengurangi timbangan itu akan ditimpa kesulitan hidup karena mahalnya barang.

Hingga kaum tersebut akan dipimpin oleh penguasa yang zalim. 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَانَقَصَ قَوْمٌ الْمِكْيَالَ وَالْمِيْزَانَ اِلَّا أُخِذُوْابِاالسِّنِيْنَ وَشِدَّةِ الْمَؤُوْنَةِ وَجَوْرِالسُّلْطَانِ عَلَيْهِمْ وَلَمْ يَمْنَعُوْازَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ اِلَّا مُنِعُواالْقَطْرَمِنَ السَّمَاءِوَلَوْ لَا الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوْا.

Rasulullah ﷺ bersabda: tidaklah suatu kaum mengurangi takaran dan timbangan kecuali akan ditimpa kaum itu dengan kemarau berkepanjangan, dan beratnya beban hidup mahalnya makanan, dan zalimnya penguasa atas kaum itu. Dan tidak pula suatu kaum menolak mengeluarkan zakat kecuali mereka juga di halangi turunnya hujan dari langit, akan tetapi jika bukan karena kasihan terhadap hewan-hewan pasti tidak akan diturunkan hujan. 

Maka akan lebih baik, ketika berjualan untuk melebihkan sedikit timbangan dengan niat bersedekah kepada pembeli. Dan itu termasuk cara bersedekah sembunyi-sembunyi yang terbaik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement