Rabu 29 Sep 2021 14:42 WIB

NFT Jadi Peluang Baru di Industri Musik

NFT di industri musik menawarkan berbagai model bisnis baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi NFT.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi NFT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Popularitas non-fungible token (NFT) terus mengalami peningkatan. Aset digital yang satu ini bahkan telah merambah ke berbagai bidang industri, salah satunya industri musik.

Founder Cryptoiz Agus Artemiss melihat peluang NFT di bidang musik di luar negeri sudah lebih dulu ber jalan. Contohnya, seperti yang dilakukan rapper Amerika Serikat (AS), Eminem.

Baca Juga

Agus dalam acara virtual konferensi pers The Roots of Satoshi Nakamoto, Rabu (22/9) menjelaskan, sepak terjang Eminem di NFT ini adalah dengan membuat audio singkat, berupa instrumen singkat yang juga ia tempelkan animasi. "Instrumen dan animasi tersebut tidak pernah diupload di platform lain sehingga itu benar-benar spesial," katanya.

Dilansir dari Billboard, perilisan NFT pertama Eminem berlangsung selama Shady Con pada April tahun ini. Acara yang digelar di lokapasar Nifty Gateway ini, menampilkan ko leksi-koleksi NFT yang sebelumnya telah disetujui Eminem.

Selain itu, dilansir dari situs resmi Eminem, koleksi tersebut juga menampilkan ketukan instrumental asli yang diproduksi oleh Eminem sendiri khusus untuk perilisan ini. Track yang tersedia hanya sebagai bagian dari NFT edisi terbatas dan bersifat satusatunya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement