Rabu 22 Sep 2021 13:11 WIB

Dukung UMK Naik Kelas, Pertamina Siapkan 9 Jurus Jitu

Sembilan program unggulan tersebut berfokus pada pemberdayaan UMK

PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) memiliki sembilan jurus jitu untuk membantu para mitra binaannya naik kelas.
Foto:

Ketujuh, penjualan UMK melalui marketplace bekerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk. Terbaru, Pertamina telah melaksanakan pelatihan e-commerce pada Maret 2021. Sebanyak 33 UMK telah mengikuti pelatihan tersebut.

Kedelapan, memfasilitasi adanya katalog SME 1000 yang memuat informasi 1.000 mitra binaan berdasarkan hasil kurasi produk mitra binaan dengan kamar dagang dan industri (KADIN). Buku Pertamina SME 1000 edisi kedua baru saja diluncurkan pada Sabtu (28/8) lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno.

Terakhir yakni menggelar dan mengikutsertakan mitra binaan pada exhibition/ Virtual Exhibition sebagai pengembangan usaha melalui pameran, pelatihan & business forum. Seperti pada kegiatan Gerakan Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim) dan SMEXPO 2021 yang bakal digelar Oktober mendatang.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement