Selasa 21 Sep 2021 23:32 WIB

Sandiaga Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif di Banyuwangi

Menparekraf Sandiaga Uno, mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Banyuwangi.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Banyuwangi. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu berpendapat bahwa Banyuwangi memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang besar.

"Kami harap produk ekraf Banyuwangi dapat menjadi bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia serta dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya, karena 97 persen lapangan kerja berasal dari UMKM," kata Sandiaga dalam keterangan, Senin (20/9).

Baca Juga

Sandiaga menyebut kota di ujung timur Pulau Jawa itu selalu menjadi referensi dan inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam pengembangan parekraf. Dia mengharapkan, adanya program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan inovasi dari kewirausahaan dan menyentuh wawasan global, namun kearifan tetap bersifat lokal.

Sandiaga mengatakan, sektor ekonomi kreatif merupakan sumber pembangunan inklusif yang mampu mendukung dan memperkuat identitas budaya, ekosistem kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk kreatif baru. Dia melanjutkan, Banyuwangi dianggap sebagai aset penting bagi pengembangan parekraf sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Selain itu, Sandiaga mendukung penguatan sektor ekraf menjadi andalan Banyuwangi selain potensi pariwisata yang dinilai telah menjadi primadona. Dukungan itu diberikan salah satunya melalui pemberian bantuan insentif pemerintah jaring pengaman usaha (BIP-JPU) bagi pelaku parekraf di Banyuwangi.

"BIP JPU ini semoga dapat bermanfaat bagi para pelaku ekraf, tahun ini harapannya kita tingkatkan dan perlu agar dapat membangkitkan semangat dan optimisme membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandiaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement