Sabtu 18 Sep 2021 22:33 WIB

Ketum CFCD Harap Gelaran ISDA Memotivasi Pelaku CSR

ISDA 2021 diikuti ole 80 perusahaan dengan berbagai latar belakang.

Prosesi pemberian penghargaan ISDA yang dilaksanakan secara hybrid.
Foto: Dok. Ist
Prosesi pemberian penghargaan ISDA yang dilaksanakan secara hybrid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kembali menggelar Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021. Ini merupakan ajang penghargaan mengenai peran serta korporasi dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau SDG's.

Ketua umum CFCD Thendri Supriatno mengatakan, dengan kembali digelarnya ISDA  merupakan bagian kecil dalam upaya mengedukasi korporasi yang memiliki sumber daya begitu besar. Menurut dia, ini supaya ada keseimbangan dalam pembangunan ekonomi, sosial serta kesadaran akan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah pembangunan berkelanjutan (SDG's). 

"Penilaian dan pemberian award itu penting diberikan bagi korporasi yang melakukan penghematan energi, melakukan konservasi lingkungan, melakukan kegiatan sosial di masyarakat serta berbagai hal positif lainnya. Dengan digelarnya ISDA tentunya korporasi akan berlomba-lomba dalam memberikan hal terbaik kepada masyarakat sekitar," kata Thendri dalam keterangan resminya, Sabtu (18/9).

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang berpartisipasi dalam memenuhi 17 tujuan pembangunan yang berkelanjutan, kata dia, maka mulai ISDA yang ke-IV, CFCD memberikan penghargaan yang dinamakan Most Commited

Sekjen CFCD yang juga merangkap steering committe Suharman Noerman, ISDA 2021 diikuti ole 80 perusahaan dengan berbagai latar belakang bidang usaha serta 19 perorangan yang sedang menjalankan 201 program yang tengah dijalankan.

Pada ISDA 2021, CFCD juga memodifikasi beberapa kategori serta menambah satu kategori berupa penilaian terhadap korporasi atau perusahaan. 

"Selama ini baik ISDA I, II dan III cenderung hanya menilai kontribusi korporasi pada eksternal stakeholder. Namun mulai ISDA ke-IV, CFCD juga menilai betapa pentingnya kategori korporasi yang berbuat secara internal bagi perusahaannya dan berdampak pada SDG's atau pembangunan berkelanjutan" ungkap Suharman selepas pembagian award

Selama pelaksanaan ISDA I hingga ISDA IV, kata Suharman, ada perusahaan-perusahaan besar yang selalu mendapat award dan berimbas dalam menjaga citra atau branding yang baik. 

"Adapun perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya meliputi Kaltim Prima Coal (KPC), Kideco, Pertamina, PLN, beberapa perusahaan tambang yang sedang naik daun, Chandra Asri dari manufakturing industri serta beberapa perusahaan lainnya," ujar Suharman.

Pada ISDA 2021, CFCD memberikan 5 penghargaan dengan kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's On Social Pillar'. Adapun penghargaan tersebut diraih oleh PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Pertamina (Persero), PT Borneo Indobara serta PT Kebangkitan Jawa Bali. 

Adapun penghargaan dengan kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's on Economy Pillar' juga diberikan kepada 5 perusahaan yang meliputi PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Pertamina (Persero), PT Pembangkitan Jawa-Bali serta PT PLN (Persero).

Untuk kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's on Environment Pillar' CFCD memberikannya pada 8 perusahaan yang terdiri dari PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Borneo Indobara, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Pamapersada Nusantara, PT Arutmin Indonesia, PT Pertamina (Persero)  serta PT PLN (Persero).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement