Sabtu 11 Sep 2021 18:32 WIB

Berikut Daftar BUMD Terbaik Versi BUMD Awards 2021

BUMD terbaik mempunyai kelebihan dan potensi yang besar di masing-masing daerah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Asisten II Bidang Perekonomian,  Pembangunan Syaiful Azhari dan Plt Dirut Bank Kalsel, H GK Prasetya berfoto bersama, usai menerima tiga  penghargaan  Anugerah BUMD Award 2021, di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam.
Foto: Pemprov Kalsel
Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan Syaiful Azhari dan Plt Dirut Bank Kalsel, H GK Prasetya berfoto bersama, usai menerima tiga penghargaan Anugerah BUMD Award 2021, di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajang penghargaan Top Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Awards 2021 kembali digelar. Penghargaan diberikan Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9). 

Kegiatan Top BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak 2016. 

Baca Juga

Untuk memenuhi Protokol Kesehatan, acara penghargaan yang dihadiri 600 peserta termasuk Kepala daerah dan top manajemen BUMD seluruh Indonesia ini, dibagi dalam dua sesi, sore dan malam.  

Tema yang diangkat dalam Top BUMD Awards 2021 ini adalah “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19”.

Ada beberapa BUMD hebat yang meraih penghargaan tertinggi, yakni Top BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni Top of The Top BUMD 2021.  

Di antaranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Kanjuruhan Kabupaten Malang, PDAM Tirta Bhagasasi, Perumda Air Minum  Apa' Mening Kab. Malinau. 

Selain itu juga ada, Bank Jateng, Bank Jatim Tbk, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, BPR Bank Sleman, PT Agro Jabar, serta RSUD Iskak Tulungagung. Masih ada beberapa BUMD terbaik lainnya yang mendapatkan penghargaan Top BUMD Awards 2021.  

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, M Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards merupakan kegiatan award BUMD Terbesar di Indonesia. Kegiatan Top BUMD Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business sejak 2016. 

TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik. 

Penilaian meliputi berkinerja baik, banyak melakukan improvement dan inovasi perbaikan, telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan memiliki Strategi dan inovasi di masa pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan. 

TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 12 persen dibanding 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44 persen dari 2020.  

Penilaian dilakukan secara obyektif dan independen. Sejumlah lembaga penilai dan konsultan yang ikut sebagai penilai. Antara lain Institut Otonomi Daerah, FEB Universitas Padjadjaran Bandung, LKN, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Asia Business Research Center Sinergi Daya Prima Melani K. Harriman Associates, Dwika Consulting, dan lain-lain. 

"Dengan segala kerendahan hati, mudah-mudahan, kegiatan TOP BUMD Awards ini, terus menjadi kegiatan BUMD Awards yang terbesar, paling kredibel, paling bermanfaat di Indonesia," ujar Lutfi dalam keterangan pers, Sabtu (11/9). 

Menurut Lutfi, kegiatan Top BUMD Awards, bukan sekadar kegiatan pemberian penghargaan. Namun di dalamnya, mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD peserta. 

Ajang tersebut selalu membudayakan adanya sesi nilai tambah dalam wawancara penjurian atau award yang diselenggarakan Majalah Top Business. Dalam sesi nilai tambah tersebut, dewan juri memberikan input, saran, dan masukan kepada peserta, sebagai feedback untuk perbaikan ke depan.  

Nah, inilah yang menjadi salah satu keunggulan Top BUMD Awards dibanding award-award lainnya. Hal tersebut juga menjadi daya tarik bagi para BUMD. Selain mengikuti kegiatan penghargaan, para BUMD peserta, seolah mendapat konsultasi gratis dari para pakar dan dewan juri.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement