Kamis 17 Jun 2021 22:40 WIB

Indomie Tempati Peringkat 7 Merek Paling Banyak Dipilih

Indomie konsisten menjadi merek FMCG yang paling banyak dipilih sejak 2019.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Indomie goreng
Foto: Indomie.com
Indomie goreng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantar Indonesia merilis Brand Footprint edisi 2021 yang mengukur seberapa luas merek-merek FMCG (Fast-Moving Customer Goods) dapat menjangkau konsumen. Berdasarkan data yang dimiliki Kantar, Indomie menempati posisi pertama sebagai merek yang paling banyak dipilih di Indonesia dan peringkat ketujuh di level dunia.

"Bulan lalu kami merilis peringkat global dan yang harus kita banggakan adalah Indomie, yang terpilih menjadi peringkat pertama Most Choices Brand di Indonesia, juga terpilih sebagai peringkat tujuh di ranking global," ungkap General Manager Kantar Indonesia Wordpanel Division, Venu Madhav, dalam keterangan resmi, Kamis (17/6).

Lebih lanjut Venu menyebut Indomie merupakan satu-satunya perusahaan non-multinasional yang berada peringkat 10 besar Most Choices Brand Global. Di Indonesia, Indomie konsisten menjadi merek FMCG yang paling banyak dipilih sejak 2019.

"Posisi delapan teratas itu bertahan sejak 2019. Pergerakan ranking terjadi di luar Top 8," jelas Commercial Director Kantar Indonesia Wordpanel Division, Adisti Bramanti.

Ke delapan merek yang dimaksud adalah Indomie, SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Masako, dan Lifebuoy. Adisti menjelaskan, FMCG yang termasuk Brand Footprint 2021 mencakup makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan personal, dan susu.

Dari sektor makanan, posisi lima besar diduduki oleh Indomie, Mi Sedaap, Royco, Roma, dan Masako. Kemudian, sektor minuman dikuasai oleh Kapal Api, Kopi Luwak, Good Day, Kopi ABC, dan Aqua. Lalu, sektor kebutuhan rumah tangga didominasi oleh SoKlin, Sunlight, Downy, Daia, dan Molto. Kemudian sektor kebutuhan personal dikuasai oleh Lifebuoy, Pepsodent, GIV, Pantene, dan Nuvo.

Dari sektor susu posisi lima besar ditempati oleh Frisian Flag, Indomilk, Dancow, Aice, dan Ultra Milk.

Perwakilan Kantar Indonesia itu menjelaskan, kategori teratas yang paling banyak dipilih Brand Footprint 2021 mencakup lima kategori, yaitu mi instan, biskuit, kopi instan, detergen, dan MSG. Menurut Adisti, mi instan bertahan peringkat pertama sejak 2019 dan makin relevan masa pandemi.

"Persamaan dari kelima kategori tersebut adalah setidaknya 95 persen dari rumah tangga membeli kategori itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement