Rabu 09 Jun 2021 21:39 WIB

Pandemi Paksa BUMN Akselerasi Transformasi Digital

Banyak BUMN yang mendapat semacam keberhasilan kecil di tengah pandemi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kartajaya
Foto: Instagram MarkPlus Inc
Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kartajaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Founder and Chairman MarkPlus Hermawan Kartajaya mengatakan, direksi BUMN cepat beradaptasi melakukan perubahan dalam menghadapi situasi pandemi. Hermawan menyebut Covid-19 memaksa BUMN melakukan akselerasi transformasi digital.

"Banyak BUMN yang bukan hanya sekedar melihat sinar di ujung terowongan gelap yang panjang, tapi juga meminjam istilah guru besar emeritus Harvard Business School dan penulis buku Leading Chang, John P Kotter, menemuka semacam keberhasilan kecil," ujar Hermawan dalam BUMN Marketeers Award 2021 bertajuk "Digital Transformation in Marketing" di Jakarta, Rabu (9/6).

Baca Juga

Hermawan mengatakan, banyak kreativitas, inovasi, kewirausahaan, dan kepemimpinan yang dilakukan BUMN dan anak usaha BUMN serta beberapa BUMD di masa pandemi covid-19. Selain tidak sekadar menjalankan tren umum seperti work from home, BUMN melakukan percepatan transformasi digital agar bukan hanya sekadar bertahan tapi memberikan produk dan layanan yang lebih baik sesuai dengan tuntutan zaman terbaru. 

"Ada yang langsung berdampak pada penjualan, tapi ada juga yang dampaknya pada perbaikan layanan," ucap Hermawan.

Hermawan mengapresiasi antusiasme BUMN dan anak BUMN serta BUMD untuk berpartisipasi dalam BUMN Marketeers Award 2021 dengan tema Digital Transformation in Marketing.

Seperti yang sudah berjalan sejak 2012, ucap Hermawan, BUMN bersedia mengisi formulir yang menjadi prasyarat keiukutsertaan, termasuk mencantumkan pencapaian kinerja. Setelah itu mereka mesti mengikuti proses penjurian dengan juri dari Jakarta CMO Club, Indonesia Marketing Association (IMA) dan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, yang tidak boleh dari yang berasal dari BUMN, anak BUMN, dan BUMD. Dalam proses penjurian tersebut, para juri yang berasal dari luar BUMN, anak BUMN dan BUMD dibuat kagum dengan berbagai inisiatif transformasi digital yang dilakukan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement