Kamis 03 Jun 2021 15:18 WIB

Kemenkop Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Saat ini jumlah UMKM yang masuk ekosistem digital baru 19 persen atau 12 juta UMKM

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Pelaku UMKM difabel mempraktikkan pemanfaatan platform penjualan digital. Tahun 2024 Kemenkop UKM menargetkan 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. (ilustrasi)
Foto:

Ketiga, yakni sulitnya UMKM memenuhi aspek kualitas dan konsistensi produk sama. Artinya, antara produk UMKM yang satu dengan yang lain belum standar. Lalu keempat, tantangan akses pasar yang belum sepenuhnya bisa dioptimalkan meski sudah masuk dalam ekosistem digital.

Hal itu dinilai menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar bagi pemerintah, asosiasi, swasta dan semua pihak terkait agar bisa mengurai persoalan-persoalan mendasar dari UMKM ketika sudah memanfaatkan media digital. Terlebih saat ini ada sekitar 37 persen pengguna jasa internet baru dan sebanyak 93 persen konsumen akan tetap memanfaatkan digital, dengan rata-rata penggunaan media digital antara 4,3 sampai 4,7 jam penggunaan online per hari.

"Sesuai amanah dari UU Cipta Kerja yang sudah diterbitkan PP-nya, maka ada kewajiban bagi Kementerian atau Lembaga dan BUMN untuk mengalokasi 40 persen dari belanjanya supaya menyerap produk-produk UMKM. Jadi ini kesempatan yang harus kita optimalkan," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement