Kamis 13 May 2021 07:05 WIB

SPBG Disiagakan Selama Lebaran

tujuh SPBG akan tetap melayani pelanggan selama 24 jam,

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Yeyen Rostiyani
SPBG PGN Klender, Jakarta (ilustrasi)
Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA
SPBG PGN Klender, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota sub holding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) memastikan akan tetap menyediakan layanan pengisian bahan bakar gas selama libur Lebaran.

Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah menyampaikan, Gagas berkomitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan secara nonstop, terutama untuk SPBG-SPBG yang cukup ramai seperti SPBG Klender, SPBG Pondok Ungu dan SPBG Ngagel.

“Sedangkan SPBG lainnya akan disiapkan Gagas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Gaslink yang tidak libur pada lebaran kali ini seperti hotel, restoran, dan rumah sakit,” tambah Hardiansyah, Rabu (13/5).

Dari total 12 SPBG yang dioperasikan, tujuh SPBG di antaranya akan tetap melayani pelanggan selama 24 jam, yaitu SPBG Klender di Jakarta, SPBG Pondok Ungu di Bekasi, SPBG Sukabumi, SPBG Serang, SPBG Purwakarta, SPBG Lampung dan SPBG Ngagel di Surabaya. Layanan yang disediakan pada ketujuh SPBG tersebut meliputi pengisian bahan bakar gas pelanggan untuk transportasi (Gasku) dan pengisian bahan bakar gas pelanggan untuk komersial dan industri (Gaslink). Sementara itu, lima  SPBG dan empat Mobile Refueling Unit (MRU) lainnya akan tetap melayani pelanggan sesuai dengan jam operasional pada hari-hari biasa.

Agar tingkat layanan kepada pelanggan di seluruh wilayah operasi selama libur lebaran terjamin optimal, Gagas juga telah menyiagakan 353 personel, dengan rincian 265 personel untuk Regional 1 dan 88 personel untuk Regional 2, yang terdiri dari operator, teknisi, dispatcher, mekanik, driver dan petugas keamanan.

“Personel ini akan memastikan energi baik Gasku dan Gaslink tetap tersedia selama masa libur Lebaran,”  terang Hardiansyah.

Hardiansyah menambahkan, Gagas juga memastikan keamanan layanan dan fasilitas penunjang penjualan baik di SPBG maupun di lokasi pelanggan. Hal ini dilakukan dengan cara pengecekan dan perawatan secara berkala setiap satu bulan sekali. Pengecekan yang dilakukan diantaranya ialah pengecekan sambungan instalasi pipa serta pengecekan fungsi dari main equipment di SPBG seperti  gas compressor, gas dryer ,serta safety equipment seperti pressure safety valve, emergency shutdown valve, dan peralatan penunjang lainnya.

Seperti halnya dengan pengecekan di SPBG, untuk pelanggan Gaslink, layanan pengecekan keamanan untuk PRS di lokasi pelanggan juga dilakukan secara berkala. Sementara itu, untuk pelanggan Gasku, layanan pengecekan keamanan yang dilakukan sebelum pelanggan melakukan pengisian bahan bakar di SPBG di antaranya melalui pengecekan instalasi converter kit menggunakan bubble spray.

“Terakhir, sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna Gasku, Gagas juga telah menambahkan layanan pemeriksaan kendaraan bahan bakar gas milik pelanggan di SPBG oleh teknisi yang berpengalaman,” imbuh Hardiansyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement