Sabtu 01 May 2021 18:00 WIB

Erick Thohir Tinjau Program BUMN yang Pro Rakyat

Erick Thohir senang masyarakat merasakan perubahan setelah kerja sama dengan BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir menemui masyarakat saat kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/5).
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menemui masyarakat saat kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri BUMN, Erick Thohir melontarkan rasa kagum saat melakukan kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/5). Menteri BUMN mendapati masyarakat di level terbawah, terutama kalangan prasejahtera, merasakan perubahan dan perbaikan taraf hidup setelah bekerjasama dengan perusahaan BUMN.

Di Desa Gayamsari, Semarang Timur, misalnya. Di sebuah rumah yang merangkap toko kelontong dan berada di tepi Banjir Kanal Timur bernama, Toko Indah itu terdapat agen laku pintar BRILInk bernama Kasim.

Baca Juga

Sejak 2016, pria yang kini berusia 60 tahun sudah menjadi agen BRILink dengan setiap hari melayani 55 transaksi, atau 2 ribu transaksi setiap bulannya. Transaksi yang dilayani mulai dari beli pulsa, transaksi transfer, tarik tunai, pembayaran cicilan kredit, hingga menerima setoran uang tabungan.

"Yang menarik dari Pak Kamin yakni ia dipercaya orang yang tak punya kartu ATM, tapi ingin mengirim uang kepada keluarga di kota lain, dengan hanya menyebutkan nama saja. Ini artinya, ada kepercayaan yang sudah terbangun di tengah masyarakat dan ini hal baik dalam transaksi keuangan yang dibutuhkan perbankan," ujar Erick Thohir.

Berdasarkan datan Maret 2021, jumlah agen BRILink berjumlah 447.385 atau tumbuh 4 persen dari tahun sebelumnya. Dengan jumlah transaksi finansial mencapai 200,42 juta transaksi, atau naik 28 persen dari tahun sebelumnya dengan volume transaksi Rp 250,5 triliun, atau meningkat 34 persen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement