Jumat 02 Apr 2021 21:14 WIB

Mendag: Ekspor RI ke China Bisa Meningkat Tiga Kali Lipat

Saat ini nilai ekspor Indonesia ke China berada di angka 31 miliar dolar AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ekspor impor
Foto: Republik
Ekspor impor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Wuyi, Fujian pada Jumat (2/4). Dalam pertemuannya dengan Menteri Perdangan China, ia membahas sampai tiga tahun mendatang kedua negara akan meningkatkan perdagangan kedua negara.

Lutfi menjelaskan saat ini nilai ekspor Indonesia ke China berada di angka 31 miliar dolar AS. Ia menjelaskan kedua negara sepakat untuk menetapkan target baru selama tiga tahun mendatang bisa mencapai 100 miliar dolar AS di tahun 2024 mendatang.

Baca Juga

"Pertama target baru 3 tahun kedepan kita akan triple untuk mentigakali lipatkan ekspor ke China dari 31 miliar dolar AS hari ini dan jadi 100 miliar dolar ASdi tahun 2024," ujar Lutfi dari Wuji, Fujian, Jumat (2/4).

Lutfi juga menjelaskan untuk bisa meningkatkan perdagangan, kedua negara sudah meneken perjanjian kerja sama sejak 2011. Namun dengan adanya target baru maka kedua negara membawa agreement ini ke jenjang yang lebih tinggi dengan memperdalam kegiatan perdagangan kedua negara.

"Kami mencoba membahas dengan skema comperhensif economic partnership agreement. Ini salah satu upaya untuk memperdalam kesepakatan kerjasama perdagangan kedua negara," ujar Lutfi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement