Jumat 19 Feb 2021 09:29 WIB

Vaio Z, Laptop Teringan di Dunia Bobotnya 950 Gram

Vaio Z dibuat dari serat karbon berkontur.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaio Z
Foto: gizmochina
Vaio Z

REPUBLIKA.CO.ID, NAGANO—Vaio dikenal karena membuat laptop yang mengemas daya luar biasa menjadi bentuk yang sangat tipis. Kini Vaio memiliki laptop teringan di dunia.

Vaio Z berisi hingga empat inti Intel Core i7-11357H dengan berat mulai 2,11 pon atau 950 gram. Ini akan menjadi laptop paling ringan yang pernah menggunakan prosesor Intel seri-H (meskipun model yang dibeli di Amerika Serikat seberat 2,32 pon atau 1,05 kg).

Baca Juga

Salah satu alasan mengapa Vaio Z sangat ringan adalah karena ini adalah laptop pertama yang dibuat dari serat karbon berkontur. Konsumen akan menemukan serta karbon di beberapa laptop ringan terbaik di pasaran, termasuk lini Dell XPS. Namun laptop tersebut menggunakan lembaran serat karbon yang disatukan dengan bagian logam atau plastik.

Vaio sebenarnya membuat kontur material di sekitar tepi chassis Z, jadi ada serat karbon di sekelilingnya. Vaio mengatakan perangkat tersebut telah melewati 26 tes “penurunan permukaan” dan akan memberikan masa pakai baterai hingga 13,5 jam.

Dilansir dari The Verge, Jumat (19/2), dalam hal spesifikasi lainnya, konsumen bisa mendapatkan penyimpanan hingga 2TB, memori 32GB, grafis terintegrasi Iris Xe dan layar FHD atau 4K 14 inci, port HDMI ukuran penuh dan dua port USB-C juga. Chassisnya terbuat dari clamshell meskipun konsumen dapat melipat layar hingga 180 derajat.

Tentu saja, ini semua tidak murah. Harga Vaio dimulai dari 3.579 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 50 juta.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement